Tautan-tautan Akses

Detik-detik Terakhir Jelang Pembukaan PD 2010


Warga Afrika Selatan penuh dengan rasa bangga, tak sabar untuk segera memulai Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di benua Afrika ini.

Warga seluruh dunia kini menanti dalam detik-detik terakhir pembukaan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Antusiasme tentu paling terasa di negara tuan rumah Afrika Selatan, di mana warganya penuh dengan rasa bangga tak sabar untuk segera memulai Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di benua Afrika ini.

Pihak penyelenggara mengatakan sudah siap untuk membuka turnamen. Persiapan memang sudah berlangsung sejak Federasi Persatuan Sepakbola Dunia (FIFA) mengumumkan Afrika Selatan terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010, enam tahun lalu.

Piala Dunia bersejarah ini akan resmi dibuka dengan pertandingan antara tim nasional tuan rumah Afrika Selatan melawan timnas Meksiko di stadion baru Soccer City di Johannesburg.

Para pemain dalam kesebelasan Afrika Selatan pada pertengahan minggu ini mengatakan pertandingan pertama turnamen melawan Meksiko ini, akan menjadi pertandingan paling penting dalam karir mereka sejauh ini. Afrika Selatan berharap dengan menjadi tuan rumah Piala Dunia, citra buruk yang mungkin masih ada dari masa apartheid dapat dihilangkan.

Lebih dari 90.000 fans diperkirakan akan menyaksikan pertandingan pembukaan tersebut.

Mantan presiden Afrika Selatan dan peraih Hadiah Nobel, Nelson Mandela, akan dengan resmi membuka perhelatan, yang melibatkan 32 negara dan akan berlangsung selama sebulan ini.

Selain Afrika Selatan, enam negara Afrika lainnya berhasil lolos dari babak kualifikasi untuk Piala Dunia kali ini. Keenam negara tersebut adalah Pantai Gading, Ghana, Kamerun, Nigeria, Mesir dan Algeria. Sebagai tuan rumah, Afrika Selatan otomomatis lolos.

Italia memasuki Piala Dunia 2010 ini sebagai juara bertahan, tapi Spanyol, juara Piala Eropa 2008 dan Brazil, pemenang lima Piala Dunia, disebut-sebut sebagai favorit untuk memenangkan gelar puncak kali ini.

Walapun demikian, tidak ada tim yang terlalu menonjol dalam Piala Dunia kali ini, terutama setelah beberapa pemain bintang dari berbagai negara cedera, sehingga tidak bisa bermain dalam Piala Dunia, ataupun harus duduk di bangku cadangan.

Pada pertandingan lainnya di hari pertama, Uruguay akan bertarung melawan Perancis di Cape Town. Sementara pada hari Sabtu, timnas Amerika Serikat akan mengawali kiprah Piala Dunia mereka kali ini, dengan melawan salah satu kekuatan Eropa, Inggris, di Rustenburg.

Piala Dunia akan berlangsung di 10 stadion di negara ini, termasuk Soccer City dan Ellis Park di Johannesburg. Stadion-stadion lain berada di Cape Town, Pretoria, Durban, Polokwane, Rustenburg, Bloemfontein dan Nelspruit.

XS
SM
MD
LG