Tautan-tautan Akses

Piala Dunia 2010 Resmi Dimulai


Kegembiraan rakyat Afsel sedikit berkurang, karena Nelson Mandela membatalkan kehadirannya setelah cicitnya meninggal.

Kejuaraan sepakbola Piala Dunia 2010 resmi dimulai. Ini merupakan kejuaraan Piala Dunia pertama yang digelar di benua Afrika.

Sekitar 90.000 penggemar sepakbola, kebanyakan mengenakan warna tim Afrika Selatan, kuning dan hijau, pada hari Jumat memadati Stadion Soccer City yang baru direnovasi di Johannesburg. Mereka menyaksikan pertandingan antara kesebelasan nasional Afrika Selatan dan Meksiko yang berakhir dengan angka 1-1 pada pertandingan pertama kejuaraan, yang bakal berlangsung sebulan dan diikuti tim nasional dari 32 negara itu. Pertandingan kedua antara kesebelasan Perancis melawan Uruguay juga berakhir seri, tanpa gol 0-0.

Upacara pembukaan itu menampilkan para penyanyi dan penari dalam pakaian berwarna-warni dan dengan tubuh yang dilukis cat. Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Presiden Meksiko, Felipe Calderon, duduk berdampingan menyaksikan kemeriahan acara. Mereka masing-masing mengenakan selendang warna tim kesebelasan mereka.

Kamera-kamera televisi juga mempertontonkan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian dan pensiunan uskup Afrika Selatan, Desmond Tutu, mengenakan kaos tim nasionalnya dan ikut menari di bangku penonton. Ia terlihat bersama Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mewakili AS.

Tetapi kegembiraan warga Afrika Selatan agak berkurang, karena ketidakhadiran mantan Presiden Nelson Mandela. Mandela membatalkan rencana kehadirannya, setelah cicitnya tewas akibat tabrakan mobil dalam perjalanan pulang usai menyaksikan konser pembuka Piala Dunia pada hari Kamis.

XS
SM
MD
LG