Tautan-tautan Akses

Pertandingan Pertama Grup A Seri Semua

  • Budi Setiawan

Sepanjang sejarah Piala Dunia, tidak pernah terjadi tuan rumah kalah pada pertandingan perdana.

Pertandingan perdana Piala Dunia 2010 antara Afrika Selatan melawan Meksiko berakhir seri 1-1, setelah tuan rumah pertama kali mencetak gol yang bersejarah ke gawang lawan.

Gelandang Afrika Selatan Siphiwe Tshabalala mencetak gol pada menit ke-55. Tapi, Afrika Selatan tidak bisa mempertahankan kemenangannya itu setelah pemain belakang Meksiko Rafael Marquez menyamakan kedudukan pada menit 79. Walaupun begitu, Tshabalala mendapat gelar “Bintang Lapangan Hari Ini.”

Dengan hasil imbang itu, Afrika Selatan dan Meksiko masing-masing meraih satu angka.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, tidak pernah terjadi tuan rumah kalah pada pertandingan perdana. Tantangan Afrika Selatan selanjutnya adalah menghindar menjadi tuan rumah Piala Dunia yang pertama yang tersingkir di babak penyisihan.

Sementara itu, pertandingan antara Perancis dan Uruguay berakhir dengan kedudukan 0-0.

Perancis gagal menjebol gawang Uruguay yang hanya punya 10 pemain setelah pemain tengah Nicolas Lodeiro mendapat dua kartu kuning di menit 81. Kegagalan ini disebabkan karena Uruguay langsung menerapkan posisi bertahan.

Uruguay akan berhadapan dengan Afrika Selatan hari Rabu setelah pada hari Selasa, Perancis akan menjajal ketangguhan Meksiko di Grup A.

XS
SM
MD
LG