Tautan-tautan Akses

Penulis Perancis Ajukan Tuntutan Upaya Pemerkosaan atas Strauss-Kahn


Penulis Perancis, Tristane Banon (kiri) berjalan bersama pengacaranya, David Koubbi di Paris (5/7).

Penulis Perancis, Tristane Banon (kiri) berjalan bersama pengacaranya, David Koubbi di Paris (5/7).

Tristane Banon menuduh Strauss-Kahn berusaha memperkosanya dan merobek celananya pada saat wawancara di sebuah apartemen tahun 2003.

Pengacara seorang pengarang Perancis mengatakan telah mengajukan tuntutan kriminal terhadap mantan Kepala IMF Dominique Strauss-Kahn dengan tuduhan ia berusaha memperkosa kliennya itu pada tahun 2003.

Pengacara David Koubbi mengatakan ia menyampaikan tuntutan itu hari Selasa pada kantor Jaksa Paris menuduh Strauss-Kahn berusaha menyerang penulis Tristane Banon ketika ia mewawancarai Strauss-Kahn di sebuah apartemen di Paris.

Banon yang kini berusia 32 tahun mengatakan kepada majalah berita Perancis ia mengajukan tuntutan karena bosan mendengar tuduhan berbohong mengenai dugaan serangan itu karena ia tidak mengajukan tuntutan hukum delapan tahun lalu. Ia mengatakan tidak mengajukan tuntutan terhadap Strauss-Kahn sebelumnya karena “sangat sulit” bagi perempuan manapun melakukannya dan ia telah diyakinkan tidak akan ada hasilnya.

Ia menuduh Strauss-Kahn berusaha memperkosanya dan merobek celana jeans dan pakaian dalamnya.

Pengacara Strauss-Kahn awal minggu ini mengatakan mereka akan mengajukan tuduhan fitnah terhadap Banon. Strauss-Kahn menyebut pengakuan Banon itu “impian” saja.

Tuduhan percobaan pemerkosaan di Perancis terhadap Strauss-Kahn terjadi ketika tuduhan-tuduhan penyerangan seksual terhadapnya di Amerika terancam gagal. Ia dibebaskan dari tahanan rumah di New York minggu lalu setelah para jaksa mengatakan ada keraguan mengenai kredibilitas pelayan hotel yang bulan Mei menuduh Strauss-Khan melakukan serangan seksual.

Tuduhan-tuduhan terhadapnya masih ditunda dan sidang berikutnya dijadwalkan 18 Juli. Saat ini Strauss-Kahn bebas bepergian di Amerika, namun Jaksa menahan paspornya supaya ia jangan kembali ke Perancis.

Strauss-Khan menyangkal semua tuduhan pelayan hotel itu. Strauss-Khan yang sebelumnya menjadi calon utama dalam pemilihan presiden Perancis tahun depan, mengundurkan diri sebagai Kepala IMF untuk menghadapi tuduhan-tuduhan di New York.

XS
SM
MD
LG