Tautan-tautan Akses

Penuntut di New York akan Batalkan Tuntutan terhadap Mantan Direktur IMF


Nafissatou Diallo (tengah), pelayan hotel New York yang mengaku diperkosa Dominique Strauss-Kahn saat meninggalkan pengadilan di Manhattan (27/7).

Nafissatou Diallo (tengah), pelayan hotel New York yang mengaku diperkosa Dominique Strauss-Kahn saat meninggalkan pengadilan di Manhattan (27/7).

Penuntut akan secara resmi membatalkan kasus tuduhan perkosaan itu dalam sidang hari Selasa, karena lemahnya kredibilitas si penuduh.

Seorang pengacara untuk pekerja perempuan di hotel, yang menuduh mantan direktur IMF Dominique Strauss Kahn berusaha memperkosa dirinya, mengatakan penuntut di New York diperkirakan akan membatalkan kasus tuntutan itu.

Pengacara dari Nafissatou Diallo mengatakan kantor Pengacara Distrik Manhattan memanggil Diallo ke sebuah pertemuan Senin untuk memberitahunya tentang keputusan membatalkan tuduhan terhadap Strauss Kahn, mantan menteri keuangan Perancis yang undur diri sebagai pemimpin IMF setelah polisi menangkap dan memenjarakan dirinya.

Kantor pengacara New York tidak memberi konfirmasi atas keputusan tersebut.

Media New York mengatakan penuntut akan secara resmi membatalkan kasus itu dalam sidang dengar Selasa karena ada bukti-bukti baru di mana kredibilitas si penuduh bisa diperlemah kalau disajikan kehadapan sebuah juri.

Kasus ini mulai goyah akhir Juni ketika penuntut membeberkan hal-hal tidak konsisten dalam kesaksian Diallo tentang apa yang terjadi pada 14 Mei di hotel mewah Sofitel, di mana ia bertugas membersihkan kamar suite di mana Strauss Kahn menginap.

Ia menuduh direktur IMF itu melakukan serangan seksual setelah ia masuk ke kamar. Pengacara Strauss Kahn mengatakan kalaupun terjadi hubungan seksual, itu merupakan hal terjadi atas dasar suka sama suka, dan bukan kasus perkosaan.

Penuntut New York juga membeberkan bahwa Diallo pernah merekayasa sebuah kisah tentang dirinya, yang mengatakan bahwa ia diperkosa beramai-ramai oleh gang di negara asalnya Guinea ketika mengisi formulir pendaftaran suaka.

XS
SM
MD
LG