Tautan-tautan Akses

IMF Kucurkan 4,3 Milyar Dolar untuk Yunani


Direktur baru IMF, Christine Lagarde

Direktur baru IMF, Christine Lagarde

Pengucuran itu adalah bagian dari 156 milyar dolar paket dana talangan dari IMF dan Uni Eropa yang telah disetujui tahun lalu.

Dana Moneter Internasional, IMF, telah menyetujui pengucuran kira-kira 4,3 milyar dolar sebagai bagian dari usaha membantu Yunani menghindari penunggakan hutang yang tadinya bakal terjadi. Dewan Eksekutif IMF menyetujui paket itu hari Jumat.

Pengucuran itu adalah bagian dari 156 milyar dolar paket dana talangan dari IMF dan Uni Eropa yang telah disetujui tahun lalu.

Direktur baru IMF Christine Lagarde mengatakan dalam pernyataan bahwa sekalipun Yunani telah mencapai kemajuan dan ekonominya sedang pulih, banyak reformasi struktural yang penting masih harus dilaksanakan.

Lagarde mengemukakan bahwa tantangan kebijakan yang signifikan masih tetap ada.

Menteri-menteri keuangan zona Euro telah meratakan jalan bagi Yunani untuk menerima 17 milyar dolar lagi sebelum tanggal 15 Juli, sebagai bagian dari dana talangan IMF-Uni Eropa tahun lalu. Para pejabat mengatakan itu akan cukup bagi Yunani untuk beberapa bulan lagi, sebelum negara itu kehabisan uang.

Para anggota parlemen Yunani baru-baru ini menyetujui rencana penghematan yang pernah menyulut demonstrasi dengan kekerasan tetapi satu persyaratan untuk memperoleh bantuan internasional.

Para pejabat Uni Eropa telah memperingatkan bahwa Yunani tidak mempunyai pilihan kecuali menerapkan rancangan penghematan, yang mengharuskan kenaikan pajak, pemotongan belanja negara dan menjual asset milik negara.

XS
SM
MD
LG