Tautan-tautan Akses

Mantan Direktur IMF Strauss-Kahn Bebas dari Tahanan Rumah


Mantan Kepala IMF, Dominique Strauss-Kahn dan isterinya, Anne Sinclair saat tiba di pengadilan New York, hari Jumat (1/7).

Mantan Kepala IMF, Dominique Strauss-Kahn dan isterinya, Anne Sinclair saat tiba di pengadilan New York, hari Jumat (1/7).

Dominique Strauss Kahn dibebaskan dari tahanan rumah tanpa uang jaminan hari Jumat, setelah jaksa mempertanyakan kredibilitas perempuan penuduhnya.

Mantan Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique Strauss Kahn dibebaskan dari tahanan rumah, setelah jaksa mempertanyakan kredibilitas perempuan pelayan hotel yang menuduh Kahn memerkosanya.

Strauss-Kahn meninggalkan gedung pengadilan hari Jumat, setelah hakim setuju mengembalikan uang jaminannya dan mencabut pembatasan pra-sidang terhadap gerakannya. Ia bebas bepergian kemanapun di Amerika.

Seorang jaksa mengatakan pihak berwenang selama ini telah melakukan penyelidikan menyeluruh mencakup semua aspek kasus itu, termasuk latar belakang pelayan itu, pernyataannya mengenai insiden tersebut, dan kegiatan masa lalunya.

Tapi jaksa menyatakan belum membatalkan dakwaan terhadap Strauss-Kahn. Dakwaan itu mencakup serangan seksual dan percobaan perkosaan.

Pengacara Strauss-Kahn mengatakan kasus ini menunjukkan "betapa mudah orang dituduh melakukan kejahatan serius dan karenanya terburu-buru dihakimi."

Politisi kawakan Perancis itu ditahan bulan Mei atas tuduhan menyerang seorang imigran asal Afrika berusia 32 tahun yang datang untuk membersihkan kamarnya dalam hotel mewah di kota New York. Penahanan itu memaksanya mundur dari IMF.

Pengacara pelayan itu bersikeras kasusnya tetap kuat, dengan menyatakan pelayan itu tidak berbohong mengenai pemerkosaan tersebut. Sidang berikutnya ditetapkan 18 Juli.

XS
SM
MD
LG