Tautan-tautan Akses

Pemerintah Koalisi Akan Gantikan PM Yunani Atasi Dana Talangan


Perdana Menteri Yunani George Papandreou mundur untuk menyelamatkan Yunani dari kebangkrutan (foto:dok).

Perdana Menteri Yunani George Papandreou mundur untuk menyelamatkan Yunani dari kebangkrutan (foto:dok).

Perdana Mentri Yunani Papandreou akan digantikan oleh Pemerintah Koalisi Jangka Pendek yang bertugas hingga pelaksanaan Pemilu, Februari mendatang.

Perdana Menteri Sosialis Yunani George Papandreou dan pemimpin oposisi konservatif Antonis Samaras bertemu kembali hari Senin untuk memilih perdana menteri baru dan kabinet sementara menjelang pertemuan menteri-menteri keuangan zona euro hari Senin. Para menteri keuangan itu akan memutuskan apakah akan menambah 11 miliar dollar untuk dana talangan.

Papandreou mundur dan digantikan sebuah pemerintahan koalisi jangka pendek yang bertugas menyetujui dana talangan baru dari Uni Eropa. Kesepakatan Uni Eropa mengharuskan Yunani menaikkan pajak dan melakukan pemangkasan di sektor pekerjaan dan pensiun pemerintah.

Koalisi akan bekerja hingga pelaksanaan pemilu baru, yang saat ini dijadwalkan tanggal 19 Februari. Papandreou tidak akan memimpin koalisi yang baru. Tidak jelas apakah ia akan mencalonkan diri tahun depan.

Juru bicara pemerintah Yunani mengatakan hari Minggu adalah hari bersejarah bagi Yunani, Perdana Menteri setuju untuk mundur demi menyelamatkan negara dari kebangkrutan. Tapi banyak warga Yunani mengatakan mereka telah cukup berkorban, katanya semua politisi sama saja dan pemilu baru tidak ada pengaruhnya .

XS
SM
MD
LG