Tautan-tautan Akses

Pemerintah Koalisi Yunani Gagal Capai Konsensus


PM Papandreou menghadiri rapat darurat menteri Parlemen Yunani di Athena (8/11).

PM Papandreou menghadiri rapat darurat menteri Parlemen Yunani di Athena (8/11).

Para pemimpin partai Yunani belum berhasil mencapai konsesus mengenai pemimpin pemerintahan koalisi baru Yunani hingga terlaksananya pemilu Februari 2012.

Perdana Menteri yang akan meletakkan jabatan George Papandreou dan pemimpin oposisi utama Antonis Samaras telah melakukan pembicaraan sejak Senin mengenai siapa yang akan memimpin pemerintahan hingga pemilu dini bulan Februari.

Papandreou telah setuju mengundurkan diri setelah memperoleh dukungan oposisi pada persetujuan dana talangan internasional bagi negaranya.

Televisi pemerintah Yunani melaporkan hari Selasa bahwa ekonom Lucas Papademos akan menjadi perdana menteri sementara negara itu sementara negara yang dililit hutang itu berusaha keras untuk memenuhi tuntutan kreditur internasional. Tetapi, sampai malam hari kemarin mantan wakil direktur bank sentral Eropa itu tidak mendapat persetujuan parlemen.

Uni Eropa menuntut agar kedua pihak menanda-tangani janji tertulis untuk melaksanakan langkah penghematan yang tidak populer sebagai bagian dari rencana dana talangan yang disepakati bulan lalu untuk Yunani.

Samaras tidak mau menanda-tangani janji tertulis, dengan menyebutnya penghinaan terhadap martabat nasional, dan bahwa janji lisan untuk rencana itu seharusnya sudah cukup.

XS
SM
MD
LG