Tautan-tautan Akses

Bursa Keuangan Dunia Anjlok Akibat Krisis di Yunani dan Italia


Perdana Menteri Yunani George Papandreou lengser dari jabatannya sementara pemerintah gagal menentukan pemegang kepemimpinan pemerintah sementara (foto: dok).

Perdana Menteri Yunani George Papandreou lengser dari jabatannya sementara pemerintah gagal menentukan pemegang kepemimpinan pemerintah sementara (foto: dok).

Bursa-bursa keuangan dunia anjlok hari Rabu hingga Kamis pagi, walaupun Italia dan Yunani berusaha membendung kekhawatiran akan krisis politik yang terus berlangsung.

Harga-harga saham turun tajam di bursa-bursa Asia hari Kamis, setelah penurunan di Eropa dan Amerika Serikat hari Rabu.

Presiden Italia Giorgio Napolitano mengangkat mantan Komisaris Eropa Mario Monti menjadi Senator seumur hidup dalam tindakan yang dipandang luas sebagai usaha untuk memberi ketenangan di pasar-pasar keuangan, setelah pengumuman Perdana Menteri Silvio Berlusconi bahwa ia akan meletakkan jabatan. Monti dipandang sebagai pilihan satu-satunya Presiden Italia untuk menggantikan Berlusconi sebagai perdana menteri.

Suku bunga pinjaman Italia melampaui batas tujuh persen hari Rabu, dan inilah suku bunga pinjaman yang memaksa Yunani, Irlandia dan Portugal untuk meminta pinjaman dana talangan. Italia adalah ekonomi ke-3 terbesar di zona Euro dan dana talangannya akan menjadi terlalu berat untuk dipikul oleh blok mata uang bersama 17 negara itu.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou memberi ucapan selamat tinggal dengan sangat sungguh-sungguh dalam parlemen hari Rabu, tetapi para pemimpin Yunani gagal mengumumkan siapa yang akan memimpin pemerintahan berbagi kekuasaan sementara.

Para pemimpin zona Euro telah mendesak kedua negara agar segera melaksanakan reformasi ekonomi yang tidak populer itu yang bertujuan untuk menghindarkan mereka dari kebangkrutan, yang akan menggoyahkan lebih jauh mata uang bersama yang digunakan 17 negara itu dan menimbulkan keguncangan di pasar-pasar keuangan global yang sudah goyah itu.

XS
SM
MD
LG