Tautan-tautan Akses

Kubu-kubu di Yunani Mulai Negosiasi Soal Pemerintahan Koalisi


Presiden Yunani Karolos Papoulias (kanan) menyambut Perdana Menteri George Papandreou di kantornya di Istana Kepresidenan, Athena, Yunani, Sabtu (5/11).

Presiden Yunani Karolos Papoulias (kanan) menyambut Perdana Menteri George Papandreou di kantornya di Istana Kepresidenan, Athena, Yunani, Sabtu (5/11).

Tapi, pemimpin oposisi Yunani Antonis Samaras menegaskan kembali seruannya untuk segera mengadakan pemilu dini.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou mengatakan pembicaraan tentang pembentukan pemerintahan koalisi baru yang akan menjamin keberlangsungan dana talangan, akan segera dimulai.

Papandreou mengeluarkan pernyataan ini beberapa jam setelah lolos dari mosi tidak percaya di parlemen. Namun, pemimpin oposisi Yunani Antonis Samaras menanggapinya dengan menegaskan kembali seruannya untuk segera mengadakan pemilu dan meminta Papandreou mengundurkan diri. Samaras mengatakan Papandreou bukanlah orang yang tepat untuk memimpin Yunani saat ini.

Presiden Yunani Carolos Papoulias mengatakan dirinya akan bertemu dengan Samaras pada hari Minggu untuk membahas kebuntuan dalam pemerintahan koalisi.

PM Papandreou berhasil menghindar dari mosi tak percaya setelah mengatakan dirinya ingin membahas tentang pemerintahan koalisi untuk menyetujui dana talangan, yang menurutnya, penting bagi Yunani agar negara itu bisa selamat dari kebangkrutan dan sekaligus menstabilkan negara-negara Zona Eropa. Papandreou juga berpandangan bahwa pemilu yang dipercepat akan berbahaya bagi kestabilan Yunani.

XS
SM
MD
LG