Tautan-tautan Akses

Obama Tiba di Indonesia


President Barack Obama dan Michelle Obama tiba di Jakarta, Indonesia, 9 November 2010
President Barack Obama dan Michelle Obama tiba di Jakarta, Indonesia, 9 November 2010

Obama berharap akan meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan dan melanjutkan usahanya untuk berdialog dengan dunia Muslim.

Presiden Amerika Barack Obama tiba dalam kunjungan yang sudah lama ditunggu-tunggu di Indonesia. Presiden Obama berharap akan meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan dan melanjutkan usahanya untuk berdialog dengan dunia Muslim.

Kunjungan ini adalah semacam kunjungan ‘pulang kampung’ bagi Obama, yang pernah tinggal di Indonesia selama empat tahun ketika dia masih kanak-kanak. Tetapi euforia mengenai kunjungan tersebut telah berkurang setelah dua kunjungan sebelumnya dibatalkan.


Para pejabat Amerika mengatakan kunjungan singkat presiden ke Indonesia akan menonjolkan sebagian tema yang sama seperti kunjungannya di India, yakni perluasan kerjasama dalam bidang-bidang yang mencakup kontra-terorisme, pertumbuhan ekonomi, perubahan iklim dan energi bersih. Pembicaraan akan dilanjutkan pada saat makan malam resmi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Hari Rabu, Obama akan mengunjungi Mesjid Istiqlal – mesjid terbesar di Asia Tenggara – dan menyampaikan pidato di Universitas Indonesia kepada rakyat Indonesia.

XS
SM
MD
LG