Tautan-tautan Akses

Obama Dukung India Jadi Anggota DK PBB


Presiden AS Barack Obama pidato di gedung parlemen New Delhi, India sebelum berangkat ke Indonesia.

Presiden AS Barack Obama pidato di gedung parlemen New Delhi, India sebelum berangkat ke Indonesia.

Presiden Barack Obama mendukung India menjadi anggota Dewan Keamanan PBB dan menyambut India sebagai kekuatan utama regional dan global.

Presiden Amerika Barack Obama sedang menuju Indonesia hari ini setelah menyelesaikan kunjungan 3 hari di India, dimana ia mendukung usaha negara itu untuk menjadi anggota permanen Dewan Keamanan PBB.

Dalam pidatonya di hadapan parlemen India hari Senin, Obama menyebut India berhak mendapat posisi di organisasi dunia yang mencakup sebuah kursi dalam Dewan Keamanan Tetap. Ia mengatakan Amerika sedang mengusahakan PBB yang efisien, efektif, kredibel, dan layak.

Dalam pertemuan sebelumnya dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh, pemimpin Amerika itu menyambut kebangkitan India sebagai kekuatan utama regional dan global. Ia juga menyerukan dialog antara India dan Pakistan untuk mengurangi ketegangan di Asia selatan.

Para pejabat Amerika mengatakan kunjungan singkat presiden ke Indonesia akan menonjolkan sebagian tema yang sama seperti kunjungannya di India, yakni perluasan kerjasama dalam bidang-bidang yang mencakup kontra-terorisme, pertumbuhan ekonomi, perubahan iklim dan energi bersih.

XS
SM
MD
LG