Tautan-tautan Akses

Obama Pidato di UI Depok


Presiden Barack Obama pidato di Universitas Indonesia di Jakarta.

Presiden Barack Obama pidato di Universitas Indonesia di Jakarta.

Pidatonya di Universitas Indonesia itu menonjolkan contoh Indonesia sebagai negara demokrasi yang tumbuh dengan cepat.

Presiden Amerika Barack Obama berpidato kepada dunia Islam hari ini dalam kunjungannya di Indonesia.

Para staff Presiden Obama mengatakan pidatonya di Universitas Indonesia itu menonjolkan contoh Indonesia sebagai negara demokrasi yang tumbuh dengan cepat dan sebagai negara mayoritas Muslim yang toleran terhadap agama-agama lain.

Wakil Penasihat Keamanan Nasional Amerika Ben Rhodes mengatakan presiden menggunakan kembali thema pidatonya tahun lalu di Kairo dimana ia menyerukan saling menghormati antara Amerika Serikat dan dunia Islam. Presiden juga menyampaikan tentang perkembangan yang telah dicapai dalam menghentikan perang di Irak, usaha untuk menstabilkan suasana di Afghanistan dan terus memperjuangkan perdamaian antara Israel Palestina.

Obama mengatakan," Saya menekankan Amerika tidak dan tidak akan pernah berpereang dengan Islam. Sebaliknya, kita semua harus bersama mengalahkan Al Qaida dan kelompok yang terkait, yang tidak punya hak mengatakan mereka adalah pemimpin agama apapun - dan tentunya bukan agama besar seperti Islam."

Hari sebelumnya, Presiden Obama mengatakan dalam jumpa pers di Jakarta bahwa ia yakin usaha pendekatan Amerika kepada dunia Muslim sungguh-sungguh dan terus berlangsung. Namun, ia juga menyadari tidak akan dapat melenyapkan sama sekali perasaan saling tidak percaya yang sudah berkembang selama bertahun-tahun.

XS
SM
MD
LG