Tautan-tautan Akses

Rafael Nadal Terjungkal di Babak Pertama Wimbledon


Rafael Nadal mengalami kekalahan terburuk pertama dalam karirnya dengan tumbang di babak pertama turnamen grand slam (foto: dok).

Rafael Nadal mengalami kekalahan terburuk pertama dalam karirnya dengan tumbang di babak pertama turnamen grand slam (foto: dok).

Steve Darcis dari Belgia membungkam petenis Spanyol dan juara dua kali Wimbledon itu 7-6, 7-6, 6-4 pada hari pertama turnamen lapangan rumput di London, Senin (24/6).

Rafael Nadal secara mengejutkan tersingkir hari Senin pada putaran pertama turnamen tenis Grand Slam Wimbledon tiga set langsung dari petenis peringkat ke-135 dunia.

Steve Darcis dari Belgia membungkam petenis Spanyol dan juara dua kali Wimbledon itu 7-6, 7-6, 6-4 pada hari pertama turnamen lapangan rumput di London itu. Nadal – yang tampak kesulitan secara fisik, lamban dan bahkan beberapa kali tidak berusaha mengejar bola – sempat istirahat selama tujuh bulan akibat cedera lutut setelah kalah dalam putaran kedua Wimbledon tahun lalu, tetapi kembali dengan meraih gelar Perancis Terbuka ke-delapannya bulan lalu.

Seusai pertandingan, Darcis juga tampak terkejut dengan hasil itu. Petenis berusia 29 tahun itu mengatakan Nadal tidak bermain baik dan ia tahu pertandingan pertama di lapangan rumput memang selalu sulit. Darcis menambahkan ini adalah kemenangan besar baginya dan strateginya untuk mengejar bola cepat ke net membuahkan hasil.

Darcis, yang sebelumnya baru pernah menang satu pertandingan di Wimbeldon, menjadi petenis peringkat terendah yang mengalahkan Nadal dalam turnamen manapun sejak Joachim Johansson – peringkat ke-690 – mengalahkan Nadal tahun 2006 di Stockholm.

Sebelumnya, Roger Federer sukses melaju ke babak berikutnya dalam usaha meraih rekor gelar Wimbledon ke-delapan di turnamen All England Club itu. Sepuluh tahun sejak ia pertama kali menang di Wimbledon, juara bertahan itu menggilas Victor Hanescu dari Romania 6-3, 6-2, 6-0 dalam 68 menit.

Unggulan kedua putra Andy Murray dari Inggris juga melaju dengan mengalahkan Benjamin Becker dari Jerman 6-4, 6-3, 6-2. Murray, yang kalah dari Federer di final tahun lalu, masih berusaha menjadi petenis Inggris pertama yang menang di bagian tunggal putra Wimbledon sejak Fred Perry tahun 1936.

Di bagian putri, unggulan kedua Victoria Azarenka sempat cedera lutut akibat jatuh tetapi tidak menghalanginya dari kemenangan 6-1, 6-2 atas Maria Joao Koehler dari Portugal. Unggulan ketiga Maria Sharapova mengikuti jejak Victoria, dengan menang 7-6, 6-3 atas Kristina Mladenovic dari Rusia.
XS
SM
MD
LG