Tautan-tautan Akses

Gingrich Menangkan Pemilu Pendahuluan di South Carolina


Kandidat Capres partai Republik, Newt Gingrich didampingi istrinya, Callista, memenangkan pemilu pendahuluan di South Carolina (22/1).

Kandidat Capres partai Republik, Newt Gingrich didampingi istrinya, Callista, memenangkan pemilu pendahuluan di South Carolina (22/1).

Mantan anggota Kongres Newt Gingrich memenangkan pemilu pendahuluan di South Carolina, menimbulkan ketidakpastian dalam upaya Partai Republik menemukan kandidat dalam pemilu presiden tahun ini.

Gingrich memperoleh 40 persen suara dari total pemilih yang mencapai rekor terbanyak. Mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney menyusul dengan 28 persen.

Newt Gingrich menyebut kemenangannya sebagai pukulan telak bagi Mitt Romney, yang telah dikecam oleh para pesaingnya karena kekayaan pribadinya. “Kita tidak memiliki uang seperti yang dimiliki salah satu kontestan. Tapi kita memiliki gagasan dan kita memiliki pendukung. Dan kita membuktikan disini, di South Carolina, bahwa kekuatan rakyat dengan gagasan cemerlang dapat mengalahkan uang. Dan dengan bantuan anda, kita akan kembali membuktikannya di Florida,” demikian pidato Gingrich.

Posisi ketiga di South Carolina direbut oleh mantan senator Pennsylvania Rick Santorum dengan 17 persen, disusul anggota Kongres dari Texas Ron Paul dengan 13 persen. Pertarungan akan semakin ketat di negara bagian berikutnya, Florida, tanggal 31 Januari mendatang.

XS
SM
MD
LG