Tautan-tautan Akses

Dua Kontestan Terunggul Capres Partai Republik Saling Kecam


Para kandidat Calon Presiden dari Partai Republik berbincang sesaat sebelum debat di Tampa, Florida. Dari kiri ke kanan: Rick Santorum, Mitt Romney, Ron Paul dan Newt Gingrich (23/1).

Para kandidat Calon Presiden dari Partai Republik berbincang sesaat sebelum debat di Tampa, Florida. Dari kiri ke kanan: Rick Santorum, Mitt Romney, Ron Paul dan Newt Gingrich (23/1).

Mitt Romney dan Newt Gingrich, dua kandidat terunggul dalam pemilihan Calon Presiden Partai Republik saling kecam dalam debat, Senin (23/1).

Dua kontestan yang sedang unggul untuk menjadi calon presiden dari partai Republik Amerika saling mengecam tajam dalam perdebatan yang ditayangkan televisi secara nasional dari Florida hari Senin (23/1), beberapa hari sebelum penyelenggaraan pemilihan pendahuluan di negara bagian itu.

Mantan gubernur Massachusettas Mitt Romney melontarkan kecaman terhadap saingannya Newt Gingrich. Kecaman ini didorong oleh kemenangan Gingrich yang diluar dugaan dalam pemilihan pendahuluan pekan lalu di South Carolina.

Romney menuduh Gingrich sebagai “calo kekuasaan” dalam pekerjaannya sebagai konsultan Freddy Mac, perusahaan raksasa pembeli kredit rumah yang didukung pemerintah. Freddy Mac dituding banyak kalangan sebagai salah satu penyebab krisis perumahan di Amerika Serikat.

Romney juga mengecam etika Gingrich, dan menuduh peletakkan jabatannya sebagai ketua DPR dalam tahun 1990-an disebabkan hal yang memalukan.

Gingrich menuduh Romney menyebarkan ketidak-benaran mengenai reputasinya, dan mengemukakan ucapan saingan-saingan Romney dalam pemilihan presiden tahun 2008 yang mengatakan mantan gubernur itu tidak dapat mengucapkan kebenaran.

Gingrich datang ke pemilihan pendahuluan tanggal 31 Januari di Florida dengan momentum setelah kemenangannya di South Carolina pekan lalu atas Romney dan dua lagi saingannya dari Partai Republik, mantan senator Rick Santorum dari Pennsylvania dan anggota Kongres dari Texas Ron Paul.

XS
SM
MD
LG