Tautan-tautan Akses

South Carolina Gelar Pemilu Pendahuluan Kandidat Capres Partai Republik AS


South Carolina akan menggelar Pemilu Pendahuluan untuk Kandidat Capres Partai Republik, Sabtu 21 Januari 2012 (Foto: dok).

South Carolina akan menggelar Pemilu Pendahuluan untuk Kandidat Capres Partai Republik, Sabtu 21 Januari 2012 (Foto: dok).

Mitt Romney dan Newt Gingrich bersaing ketat untuk memperebutkan nominasi calon presiden partai Republik dalam pemilu pendahuluan di South Carolina.

Para calon yang bersaing memperebutkan nominasi kandidat presiden Amerika dari Partai Republik akan terus berkampanye di South Carolina hari Sabtu, meskipun pemilihan pendahuluan dimulai di negara bagian sebelah selatan itu.

Kontes ini begitu kompetitif sampai-sampai (menurut Reuters) Mitt Romney dan Newt Gingrich menetapkan jadwal kampanye pada waktu dan lokasi yang sama hari Sabtu.

Jajak pendapat terbaru menunjukkan dukungan terhadap mantan Ketua DPR Gingrich semakin besar, melawan saingannya Romney, mantan gubernur Massachusetts.

Pada hari Jumat, Romney mencoba merendahkan ekspektasinya dengan mengatakan "berada dalam persaingan ketat pada saat terakhir, sangat menarik."

Seminggu yang lalu, banyak jajak pendapat politik menunjukkan kontes di South Carolina akan menjadi kemenangan mudah bagi mantan gubernur Romney. Tapi setelah serangan tajam dari saingannya, dan serangkaian pergolakan dalam kontes pekan ini, banyak jajak pendapat dan analis politik mengatakan kontes ini bisa lebih ketat.

Gingrich mendapatkan peluang lebih besar setelah Gubernur Texas Rick Perry memutuskan mengundurkan diri hari Kamis dan mendukung Gingrich.

XS
SM
MD
LG