Tautan-tautan Akses

Pendahulan di South Carolina Hampir Usai, Jajak Pendapat Mulai Ditutup


Kandidat Capres dan mantan Juru Bicara DPR Newt Gingrich berpidato didampingi istrinya, Calista (kanan) di restoran Whiteford, South Carolina (21/1).

Kandidat Capres dan mantan Juru Bicara DPR Newt Gingrich berpidato didampingi istrinya, Calista (kanan) di restoran Whiteford, South Carolina (21/1).

Dua kontestan yang dipandang bersaing kuat dalam pemilu pendahuluan di South Carolina adalah mantan ketua DPR Newt Gingrich dan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney.

Mantan anggota Kongres Newt Gingrich diperkirakan akan memenangkan pemilu pendahuluan di South Carolina/ yang menjadi tempat partai itu untuk memperoleh kandidat yang dinominasikan dalam pemilu presiden tahun ini.

Sejumlah media nasional mengatakan hasil jajak pendapat atas para pemilih yang meninggalkan tempat pemungutan suara atau TPS memperkirakan kemenangan mutlak Newt Gingrich.

TPS ditutup pada pukul tujuh malam dan dalam waktu satu jam, hasil penghitungan suara awal menunjukkan Newt Gingrich unggul dengan memperoleh 40 persen suara. Saingan terkuatnya, mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney, hanya memperoleh 28 persen suara.

Hanya beberapa pekan lalu Mitt Romney, yang memenangkan pemilu pendahuluan di New Hampshire, tampaknya akan menang mudah di South Carolina. Mitt Romney, investor multi-milyuner, berjuang keras beberapa hari terakhir ini setelah muncul pertanyaan-pertanyaan tentang kekayaan pribadinya, dan karirnya sebagai pemodal kapitalis, serta pengakuannya bahwa ia membayar pajak jauh lebih rendah dibanding kebanyakan warga Amerika.

Di South Carolina yang dikenal sebagai negara bagian yang banyak dihuni pemilih konservatif, muncul keraguan apakah Mitt Romney cukup konservatif.

Sementara Newt Gingrich mencuat dalam sejumlah jajak pendapat setelah berpenampilan baik dalam dua debat sebelumnya. Pada saat dukungan atas Mitt Romney goyah, Newt Gingrich justru memperoleh dukungan kuat dalam sejumlah jajak pendapat setelah penampilannya dalam beberapa perdebatan. Tetapi masih harus menunggu beberapa jam lagi sebelum hasil suara final dihitung.

Mantan senator Pennsylvania Rick Santorum diperkirakan berada di tempat ketiga dengan 17 persen, sementara anggota Kongres dari Texas Ron Paul berada di tempat keempat dengan 13 persen suara.

Kemenangan Newt Gingrich ini berarti tiga negara yang sudah menyelenggarakan pemungutan suara sejauh ini memiliki pemenang yang berbeda-beda. Mitt Romney menang dalam pemilu pendahuluan di New Hampshire pekan lalu, dan Rick Santorum menang dalam kaukus di Iowa tanggal 3 Januari lalu. Sebagai hasilnya, persaingan akan semakin keras dalam pemilu pendahuluan di negara bagian berikutnya, Florida, dimana para pemilih Partai Republik akan melakukan pemungutan suara pada tanggal 31 Januari.

XS
SM
MD
LG