Tautan-tautan Akses

Bentrokan Meningkat di Perbatasan Sudan dan Sudan Selatan


Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Susan Rice prihatin dengan peningkatan kekerasan di perbatasan dua Sudan (foto: dok).

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Susan Rice prihatin dengan peningkatan kekerasan di perbatasan dua Sudan (foto: dok).

Ini meningkatkan kekhawatiran kedua negara berada di ambang perang hanya sembilan bulan setelah Sudan selatan resmi terpisah dari Sudan.

Kekerasan meningkat di perbatasan Sudan dan Sudan Selatan, makin memperparah kekhawatiran kedua negara berada di ambang perang hanya sembilan bulan setelah mereka resmi terpisah menjadi dua negara.

Presiden Dewan Keamanan PBB bulan ini, Duta Besar Amerika untuk PBB Susan Rice, mengatakan badan dunia itu sangat prihatin mengenai peningkatan konfrontasi di perbatasan kedua Sudan dan jauh di dalam wilayah masing-masing.

Rice memberitahu para wartawan di New York hari Senin bahwa Dewan Keamanan akan bertemu untuk membahas krisis itu paling cepat Selasa.

Rice mengecam serangan-serangan udara baru-baru ini oleh tentara Sudan di Sudan Selatan, terutama yang menghantam fasilitas pasukan pemeliharaan perdamaian PBB hari Senin.

Sudan Selatan mengatakan kapal-kapal perang Sudan menggempur beberapa bagian negara itu hari Minggu, menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai sembilan lainnya.

Sudan Selatan juga menuduh Sudan membom sebuah ladang minyak di kota perbatasan Heglig yang disengketakan, yang direbut militer Sudan Selatan dari Sudan minggu lalu.

Wakil Amerika di PBB itu mengungkapkan keprihatinan mengenai berlanjutnya keberadaan Sudan Selatan di Heglig, yang diklaim baik oleh utara dan selatan.
XS
SM
MD
LG