Tautan-tautan Akses

Uni Afrika Berupaya Redakan Ketegangan Dua Sudan


Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki (tengah) mengajukan proposal untuk menengahi konflik kedua Sudan.

Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki (tengah) mengajukan proposal untuk menengahi konflik kedua Sudan.

Tim mediator Uni Afrika telah membuat sebuah proposal untuk meredakan ketegangan antara Sudan dan Sudan Selatan.

Usul itu dibuat oleh mantan presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki hari Rabu, menyerukan dihentikannya sikap permusuhan, penarikan mundur semua pasukan dari wilayah pihak lainnya dan KTT antar presiden kedua negara.

Thabo Mbeki memberitahu para wartawan bahwa delegasi-delegasi Sudan Selatan sudah menyetujui dokumen itu dan siap untuk menandatanganinya. Tetapi ia mengatakan delegasi-delegasi Sudan terlebih dulu ingin membawa dokumen itu ke Khartoum untuk konsultasi. Thabo Mbeki menambahkan kedua pihak mengalami kebuntuan.

Uni Eropa telah menyelenggarakan putaran pembicaraan berkali-kali antara Sudan dan Sudan Selatan di Addis Ababa – ibukota Ethiopia.

Kedua pihak telah berselisih tajam atas berbagai isu, mulai dari soal kemerdekaan Sudan Selatan bulan Juli lalu, hingga soal perbatasan, pembagian pendapatan minyak dan status kewarganegaraan di masing-masing wilayah.

Sudan telah menuduh Sudan Selatan mendukung pemberontak di negara bagian Kordofan Selatan dan Blue Nile, sementara pihak Sudan Selatan mengatakan Sudan telah berulangkali melakukan serangan udara – termasuk beberapa serangan udara di dekat kamp-kamp pengungsi.
XS
SM
MD
LG