Tautan-tautan Akses

PBB Serukan agar Sudan dan Sudan Utara Hentikan Bentrokan


Dewan Keamanan PBB menyerukan agar Sudan dan Sudan Selatan menghentikan bentrokan di perbatasan (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB menyerukan agar Sudan dan Sudan Selatan menghentikan bentrokan di perbatasan (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB telah menyerukan agar Sudan dan Sudan Selatan menghentikan bentrokan di perbatasan yang dikhawatirkan akan membuat kedua negara tetangga di Afrika Timur itu terlibat perang skala penuh.

Badan beranggotakan 15 negara itu mengeluarkan sebuah pernyataan, Kamis, yang memerintahkan Khartoum untuk menghentikan serangan udaranya dan Juba menarik mundur pasukannya dari sebuah ladang minyak yang penting.

Bentrokan di sepanjang perbatasan yang tidak terpeta jelas antara bekas musuh perang saudara ini telah menimbulkan konfrontasi atas ladang minyak Heglig di Sudan setelah direbut hari Selasa oleh pasukan dari Sudan Selatan.

Sebelumnya Kamis, Presiden Sudan Selatan Salva Kiir menolak menarik tentara dari kota perbatasan yang disengketakan meskipun ada seruan langsung dari Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Kiir juga mengatakan, pasukan Sudan Selatan mungkin akan masuk ke wilayah perbatasan lain yang disengketakan, Abyei, jika PBB tidak membuat Sudan menarik tentara dari kawasan itu, yang direbutnya tahun lalu.
XS
SM
MD
LG