Tautan-tautan Akses

Sudan Selatan Klaim Tembak Jatuh Pesawat Tempur Sudan


Pagan Amum, ketua tim negosiasi perdamaian Sudan Selatan (foto: dok).

Pagan Amum, ketua tim negosiasi perdamaian Sudan Selatan (foto: dok).

Sudan Selatan mengatakan pihaknya telah menembak jatuh sebuah pesawat militer Sudan sewaktu ketegangan antar negara terus meningkat.

Pagan Amum – ketua tim negosiasi Sudan Selatan bagi perundingan di Addis Ababa – memberitahu para wartawan bahwa pasukan Sudan Selatan telah menembak jatuh sebuah pesawat jenis MiG-29 Rabu sore.

Pagan Amum mengatakan menteri pertahanan Sudan memerintahkan sebuah serangan udara di sebuah asrama tentara Sudan Selatan setelah walk-out dari perundingan yang dimediasi Uni Afrika.

Kantor berita Perancis AFP mengutip seorang juru bicara tentara Sudan sebagai mengatakan, membantah bahwa sebuah pesawat tempur Sudan telah ditembak jatuh.

Sebelumnya tim mediator Uni Afrika telah membuat sebuah proposal yang dirancang untuk meredakan ketegangan antara Sudan dan Sudan Selatan.

Usul yang dirancang oleh mantan presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki itu, menyerukan dihentikannya sikap permusuhan, penarikan mundur seluruh pasukan dari wilayah masing-masing dan sebuah KTT antar presiden kedua negara. Thabo Mbeki mengatakan Sudan Selatan siap menandatangani dokumen tersebut, tetapi delegasi Sudan terlebih dahulu membawa dokumen itu ke Khartoum untuk konsultasi.
XS
SM
MD
LG