Tautan-tautan Akses

Sudan Selatan Tolak Tarik Pasukan


Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir menolak seruan Uni Afrika dan PBB untuk menarik pasukan di perbatasan.

Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir menolak seruan Uni Afrika dan PBB untuk menarik pasukan di perbatasan.

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir telah menolak untuk menarik tentara Sudan selatan yang merebut kota perbatasan Sudan pekan ini.

Berbicara di depan parlemen Sudan selatan hari Kamis, Presiden Salva Kiir mengatakan, ia tidak akan memerintahkan penarikan tentara dari kota Heglig meskipun ada seruan dari Uni Afrika dan PBB.

Kiir menambahkan, pasukan Sudan Selatan mungkin akan masuk ke wilayah perbatasan lain yang disengketakan, Abyei, jika PBB tidak membuat Sudan menarik tentara dari kawasan itu, yang direbutnya tahun lalu. Permusuhan antara Sudan dan Sudan Selatan menimbulkan kekhawatiran bahwa kedua negara akan terlibat dalam perang penuh.

Hari Rabu Sudan mengumumkan penarikan dari pembicaraan dengan Sudan Selatan setelah direbutnya kota penghasil minyak, Heglig.

Sudan Selatan mengatakan, pesawat-pesawat Sudan menjatuhkan beberapa bom Kamis dini hari. James Puoy Yaka, pejabat Kabupaten Guit di luar kota Bentiu mengatakan kepada VOA, serangan di lokasi yang jauh dari sasaran militer itu menewaskan satu orang.

Uni Afrika berusaha memediasi pertikaian antara kedua negara, tetapi pembicaraan di ibukota Ethiopia, Addis Ababa itu tidak banyak mencapai kemajuan.
XS
SM
MD
LG