Tautan-tautan Akses

Badai Irene Landa Pantai Timur AS, Sedikitnya 7 Tewas


Puing-puing akibat terpaan badai Irene memenuhi pantai New Bren, North Carolina (27/8).

Puing-puing akibat terpaan badai Irene memenuhi pantai New Bren, North Carolina (27/8).

Badai Irene terus menghantam kawasan pantai timur Amerika dengan hujan lebat dan angin kencang, menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melumpuhkan lalu lintas darat dan udara.

Lebih dari 1,5 juta rumah dan bisnis terputus aliran listriknya di wilayah timur Amerika, sedikitnya tujuh orang tewas. Puluhan juta orang dilalui badai Irene yang melewati beberapa daerah yang paling padat penduduknya di negarabagian itu, kecepatan angin saat ini adalah 130 kilometer per jam. Tornado yang dipicu oleh badai itu telah menghancurkan rumah-rumah di negarabagian Delaware dan Virginia.

Badai Irene menghantam wilayah selatan negarabagian North Carolina Sabtu pagi, banjir di jalan-jalan dan merobohkan pohon-pohon dengan kecepatan angin 140 kilometer per jam. Badai kemudian pindah ke wilayah Washington, DC, yang terus bertiup dengan angin kencang, hujan lebat, banjir lokal dan tumbangnya pohon-pohon.

Negara bagian New York mulai merasakan efek badai itu tak lama sebelum Sabtu tengah malam, dengan kecepatan angin meningkat Minggu pagi. Peramal cuaca mengatakan badai Irene akan pindah ke wilayah selatan New England di timur laut Amerika Minggu sore sebelum mencapai Kanada Minggu malam.

Pada hari Sabtu, Presiden Barack Obama mengunjungi pusat komando di mana para pejabat tinggi keadaan darurat sedang mengkoordinasikan upaya penangangan oleh negara. Ia memperingatkan situasinya akan menjadi kritis dalam beberapa hari kedepan.

Peramal cuaca mengatakan badai angin kencang itu dirasakan sampai 150 kilometer jauhnya dari mata badai.

Angkatan Laut Amerika memerintahkan Armada Kedua, yang ditempatkan di negarabagian Virginia, untuk berlayar ke tengah laut untuk menghindari kemungkinan kerusakan.

XS
SM
MD
LG