Tautan-tautan Akses

Badai Irene Bergerak ke Kanada


Sebuah mobil terbalik akibat badai Irene di kota Waterbury, negara bagian Vermont, AS (29/8).

Sebuah mobil terbalik akibat badai Irene di kota Waterbury, negara bagian Vermont, AS (29/8).

Pusat Topan Nasional Amerika mengatakan badai Irene tidak lagi termasuk dalam kategori 'hurricane'.

Presiden Amerika Barack Obama memperingatkan warga Amerika bahwa dampak dari badai Irene "akan dirasakan dalam beberapa waktu."

Obama hari Minggu mengatakan, "Ini belum berakhir" dan masyarakat masih menghadapi banjir serta pemadaman listrik. Ia mengatakan bisa dibutuhkan beberapa hari atau pekan sampai upaya pemulihan berakhir di pantai timur Amerika.

Presiden menyatakan keadaan darurat bagi sebagian besar negarabagian yang dilanda badai Irene, termasuk North Carolina, Virginia dan New York, untuk menyediakan sumberdaya federal yang tersedia dan mendukung upaya-upaya pemulihan.

Pusat Topan Nasional mengatakan badai Irene tidak lagi termasuk dalam kategori “hurricane.” Badai itu masih bertiup dengan kecepatan 85 kilometer per jam, dan akan pindah ke Kanada Senin pagi, dimana 20 cm hujan diperkirakan akan turun di Nova Scotia dan New Brunswick.

Badai itu menewaskan sedikitnya 18 orang dan melumpuhkan lalu lintas darat dan udara dalam perjalanannya melalui pantai timur Amerika. Bandara udara utama yang melayani New York diperkirakan akan dibuka kembali Senin pagi. Sistem kereta bawah tanah kota New York akan dioperasikan kembali Senin pagi.

Lebih dari 4 juta rumah dan bisnis di sepanjang pantai timur Amerika mengalami pemutusan aliran listrik.

XS
SM
MD
LG