Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Himbau Rakyat AS Siaga Hadapi Badai Irene


Presiden Obama memberikan peringatan kepada warga AS (26/8). Presiden Obama dan keluarga kembali dari liburannya sehari lebih cepat akibat ancaman badai Irene

Presiden Obama memberikan peringatan kepada warga AS (26/8). Presiden Obama dan keluarga kembali dari liburannya sehari lebih cepat akibat ancaman badai Irene

Pihak berwenang AS khawatir badai Irene akan menyebabkan banjir luas dan pemadaman listrik di kawasan Pantai Timur Amerika.

Presiden Barack Obama mendesak penduduk di kawasan Pantai Timur Amerika agar melakukan persiapan sekarang menjelang datangnya badai kuat yang menurutnya akan “sangat berbahaya dan merugikan”.

Presiden Obama hari Jumat mengatakan semua indikasi menunjukkan Irene akan menjadi badai "sangat dahsyat". Ia menambahkan, bangsa ini harus "siap menghadapi yang terburuk" dan mendesak siapa pun agar menuruti perintah evakuasi.

Badai itu memaksa Presiden Obama kembali dari liburannya sehari lebih cepat. Jumat malam ia akan kembali ke Washington dari tempat berlibur Martha’s Vineyard di Massachusetts.

Pihak berwenang Amerika khawatir Irene akan menyebabkan banjir yang luas dan pemadaman listrik. Badai itu berpotensi menimbulkan kerugian miliaran dolar.

Gubernur tujuh negarabagian, mulai dari North Carolina hingga Connecticut, menyatakan keadaan darurat untuk memungkinkan penggunaan sumberdaya menjelang datangnya badai, yang diperkirakan mencapai North Carolina hari Sabtu.

Peringatan telah dikeluarkan di sebagian besar pantai timur Amerika. Pihak berwenang di sejumlah wilayah sudah mengungsikan penduduk dan wisatawan. Maskapai membatalkan ratusan penerbangan, dan layanan kereta di beberapa bagian kawasan timur ditunda.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano mengatakan hari Jumat, pemerintah federal menanggapi badai ini dengan "sangat serius." Presiden telah mengarahkan instansi-instansi terkait agar memastikan semua sumberdaya yang dibutuhkan tersedia. Di New York, Walikota meminta rumah-rumahsakit dan panti-panti jompo di kawasan daratan rendah agar melakukan evakuasi.

XS
SM
MD
LG