Tautan-tautan Akses

Ancaman Badai Irene Berlalu, Sedikitnya 12 Tewas


Beberapa daerah di pantai Timur AS, termasuk Brooklyn, di New York masih harus menghadapi masalah banjir setelah berlalunya badai Irene (28/8).

Beberapa daerah di pantai Timur AS, termasuk Brooklyn, di New York masih harus menghadapi masalah banjir setelah berlalunya badai Irene (28/8).

Namun, banjir, gangguan pembangkit listrik dan pohon-pohon yang tumbang masih merupakan ancaman begitu badai Irene berlalu.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Janet Napolitano mengingatkan warga di sepanjang jalur yang dilewati badai Irene, meski badai telah melewati daerah-daerah mereka, bahaya masih tetap mengancam.

Napolitano mengatakan hari Minggu bahwa listrik padam, banjir, dan masalah pembangkit listrik dan pohon-pohon tumbang merupakan ancaman begitu badai telah berlalu.

Meski Irene terus bertiup ke kawasan pantai Amerika timur laut, Menteri Keamanan Dalam Negeri itu mengatakan, taksiran kerusakan telah dimulai di North Carolina dan Virginia. Pusat Badai Nasional mengatakan, Irene melemah sejak meninggalkan kawasan New York City dan kini bertiup dengan kecepatan 40 km per jam dengan kecepatan angin 95 km per jam. Peramal cuaca mengatakan, Irene akan beranjak ke Kanada Sabtu malam. Di daerah-daerah yang telah dilewati Irene, pejabat-pejabat cuacana mengatakan, kerusakan tidak separah seperti yang diperkirakan.

Badai Irene menewaskan sedikitnya 12 orang dan melumpuhkan bandar udara dan lalu lintas penerbangan menuju wilayah pantai timur Amerika. Gubernur New Jersey, Chris Christie telah meramalkan banjir besar di beberapa tempat di negara bagiannya, dan Gubernur Pennsylvania telah mengingatkan sungai-sungai di daerah yang terkena badai di negara bagiannya mungkin tidak akan menyusut hingga hari Selasa atau Rabu mendatang.

XS
SM
MD
LG