Tautan-tautan Akses

Parlemen Yunani Perdebatkan Langkah-Langkah Penghematan


Warga Yunani melakukan protes langkah-langkah penghematan di depan gedung parlemen Yunani di Athena (16/6).
Warga Yunani melakukan protes langkah-langkah penghematan di depan gedung parlemen Yunani di Athena (16/6).

Langkah penghematan yang disyaratkan UE dan IMF itu mencakup kenaikan pajak sebesar 40 milyar dolar dan pengurangan anggaran.

Parlemen Yunani hari Senin memulai perdebatan mengenai langkah-langkah penghematan yang tidak disukai rakyat, yang harus disetujui agar Yunani memperoleh dana talangan tahap berikut dan menghindari kebangkrutan.

Langkah penghematan itu mencakup kenaikan pajak sebesar 40 milyar dolar dan pengurangan anggaran. Dana Moneter Internasional IMF dan para pemimpin Uni Eropa mengatakan reformasi harus disetujui hari Kamis supaya Yunani dapat menerima kucuran pinjaman berikut sebesar 17 milyar dolar yang merupakan bagian dari paket talangan tahun lalu.

PM George Papandreou berhasil mengambil langkah pertama menuju disetujuinya reformasi hari Rabu dengan memenangkan pemungutan suara kepercayaan parlemen. Banyak yang menduga reformasi akan disetujui karena partai Sosialis yang dipimpin Papandreou memiliki mayoritas lima kursi dalam parlemen.

Namun serikat-serikat buruh di Yunani menyerukan pemogokan umum dua hari mulai hari Selasa, yang terbaru dari aksi protes yang kadang berubah menjadi kekerasan menolak reformasi.

XS
SM
MD
LG