Tautan-tautan Akses

Catatan Menarik dari Nominasi Academy Awards 2018


"Dear Basketball" film animasi singkat yang digarap oleh mantan bintang NBA, Kobe Bryant.

Pengumuman mengenai nominasi penghargaan Academy Awards atau Oscar telah berlangsung hari Selasa (23/1) pekan ini. Di antara nama-nama yang masuk nominasi, beberapa di antaranya mencatat sejarah. Apa saja fakta menarik dalam pengumuman tersebut?

Peran perempuan yang berkecimpung langsung dalam pembuatan film mendapat pengakuan tahun ini. Greta Gerwig menerima nominasi sutradara terbaik melalui filmnya, Lady Bird. Sepanjang sejarah 90 tahun penyelenggaraan ajang Oscar, ia adalah perempuan kelima yang mendapat nominasi itu.

Sebelum Gerwig, ada Kathryn Bigelow, yang meraih Oscar berkat filmnya, The Hurt Locker pada tahun 2010. Sementara itu, Rachel Morrison, direktur fotografi film Mudbound, menjadi perempuan pertama yang menerima nominasi untuk kategori penata sinematografi.

Tak sedikit nama yang baru pertama kali ini menjadi nomine Oscar. Untuk kategori sutradara, ada tiga orang dari sembilan nomine yang masuk kategori itu. Mereka adalah Greta Gerwig, Jordan Peele dengan film horornya, Get Out, dan Guillermo del Torro melalui film The Shape of Water.

Allison Janney, yang berperan di film I, Tonya, Lesley Manville dalam film Phantom Thread dan Laurie Metcalf dalam Lady Birh, yang masuk daftar nominasi aktris pendukung terbaik, baru pertama kali ini menjadi nomine Oscar.

Mantan pebasket klub Los Angeles Lakers, Kobe Bryant, tak alang terkejutnya ketika ia mendapat nominasi untuk film animasi singkatnya, "Dear Basketball". Nominasi ini juga merupakan yang pertama baginya. Bryant menulis naskah dan menarasikannya.

Untuk kategori aktor terbaik, mereka yang baru pertama kali ini dinominasikan dalam Oscar adalah Timothee Chalamet melalui film Call Me by Your Name, serta Daniel Kaluuya, dalam film Get Out.Sedangkan Margot Robbie menerima nominasi Oscar-nya yang pertama berkat aktingnya sebagai pemeran utama dalam film I, Tonya.

Nah, sekarang, siapa saja yang lagi-lagi disebut namanya sebagai nomine Oscar tahun ini?

Meryl Streep menerima nominasi Oscar untuk yang ke-21 kalinya.
Meryl Streep menerima nominasi Oscar untuk yang ke-21 kalinya.

Aktor Denzel Washington, yang berperan dalam film Roman J Israel, Esq, Meryl Streep dalam film The Post, dan Octavia Spencer dalam The Shape of Water dua tahun berturut-turut menjadi nomine Oscar. Bagi Meryl Streep, ini adalah nominasi yang ke-21, terbanyak bagi seorang aktris, 17 di antaranya untuk kategori aktris terbaik. Sejauh ini telah tiga Oscar yang berhasil ia menangkan.

Angka mengesankan lainnya dicetak oleh komposer John William. Ini nominasi ke-51 sepanjang kariernya, dan yang ke-46 untuk kategori musik orisinal terbaik. Kali ini ia cetak melalui komposisinya untuk film Star Wars: The Last Jedi. Christopher Plummer, yang kini berusia 88 tahun, kembali tercatat sebagai aktor tertua yang dinominasikan. Kali ini sebagai aktor pendukung dalam film All the Money in the World. Ia mencetak catatan untuk kategori serupa, dan bahkan meraih Oscar dalam film Beginnerspada tahun 2011, sewaktu berusia 82 tahun.

Apakah wajah-wajah baru atau para seniman kawakan yang namanya tercantum dalam daftar nominasi Oscar ini yang akan berjaya? Kita lihat saja pada acara pengumuman pemenang Academy Award ke-90 pada 4 Maret mendatang. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG