Tautan-tautan Akses

Xi Jinping akan Perbesar Kekuasaan dalam Kongres Partai Komunis China


Seorang pengunjung menonton video prestasi Presiden Xi Jinping memimpin China menjelang Kongres Partai Komunis China di Beijing (10/10).

China akan menyelenggarakan salah satu agenda terbesar dalam arena politik, sebuah kongres Partai Komunis China yang akan melakukan reshuffle atas kepemimpinan top negara itu.

Antisipasi semakin besar siapa yang akan bertahan atau mengundurkan diri dari Komite Politbiro, dan bagaimana Presiden China Xi Jinping akan memanfaatkan pertemuan ini untuk memperkuat kedudukannya sebagai pemimpin utama negara itu.

Tidak diragukan, Xi Jinping akan terpilih kembali sebagai sekretaris partai, tetapi pertanyaannya adalah, apakah Perdana Menteri Li Keqiang akan bertahan sebagai salah satu dari 7 pemimpin top di komite tersebut. Kebanyakan analis menduga, Li akan bertahan.

Pertanyaan lainnya, bagaimana Wang Qishan, orang kedua terkuat dalam komite itu. Dia berperan besar dalam upaya anti korupsi China, serta memimpin Komisi untuk Inspeksi Disiplin.

Selama lima tahun, Wang memimpin kampanye yang menghukum lebih dari satu juta pejabat eselon bawah, dan juga beberapa tokoh tingkat tinggi. Kampanye itu tidak hanya menyasarkan masalah korupsi di dalam partai dan pemerintah, namun juga menyingkirkan pesaing-pesaing politik Xi Jinping. Hal ini telah memungkinkan Xi Jinping menempatkan orang-orang yang dekat dengan dirinya di dalam posisi-posisi penting.

Akibat proses seperti itu, Wang banyak musuhnya dan menurut pengamat China, Willy Lam, kemungkinan dia akan dicopot. Wang, usia 69 tahun, tidak saja sudah memasuki usia pensiun, tetapi Xi Jinping bisa menawarkan peluang ini kepada faksi-faksi lain dalam partai dan sebagai imbalannya mereka bersedia memperkuat posisi Xi Jinping. [jm]

XS
SM
MD
LG