Tautan-tautan Akses

China Protes, Kapal Angkatan Laut AS Berlayar di Laut Cina Selatan


Kapal perusak USS Chafee, milik Angkatan Laut AS, dalam latihan militer "RIMPAC Naval" di perairan sekitar 241 kilometer sebelah utara pulau Oahu, Hawaii, 18 Juli 2012. (Foto: dok).

China memprotes sebuah Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat yang berlayar di wilayah perairan yang diklaim Beijing di Laut Cina Selatan. China mengatakan, negara itu akan mengambil langkah-langkah yang akan melindungi kepentingan Beijing di perairan penting yang juga diklaim sejumlah negara lainnya.

Seorang pejabat AS mengukuhkan, kapal perusak USS Chafee memang berlayar dekat Kepulauan Paracel. Kapal itu memasuki wilayah perairan yang terletak dalam radius 30 kilometer dari daratan terdekat.

Juru bicara Kementerian Laur Negeri China Hua Chunying, Rabu (11/10), mengecam misi itu. Ia mengatakan misi itu berbahaya dan mengancam kedaulatan China. Ia juga mengatakan, militer China mengukuhkan keberadaan kapal AS itu melalui laut dan udara, dan telah memperingatkan kapal itu untuk meninggalkan perairan tersebut.

China mengklaim Luat Cina Selatan dan pulau-pulaunya sebagai bagaian dari wilayahnya. Kapal-kapal Angkatan Laut Amerika Serikat berlayar melalui perairan itu untuk menegaskan kebebasan bernavigasi. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG