Tautan-tautan Akses

William dan Harry Meresmikan Patung Putri Diana


Pangeran William (kiri) dan Pangeran Harry dalam peresmian patung Putri Diana, Putri Wales, di Sunken Garden, di Istana Palace, London, 1 Juli 2021.
Pangeran William (kiri) dan Pangeran Harry dalam peresmian patung Putri Diana, Putri Wales, di Sunken Garden, di Istana Palace, London, 1 Juli 2021.

Pangeran William dan Pangeran Harry meresmikan patung mendiang ibu mereka, Putri Diana di London, Inggris, Kamis (1/7), pada hari ulang tahunnya yang ke-60. Namun sebagian besar fokus media pada upacara itu adalah hubungan memburuk antara kedua pangeran itu.

Dua bersaudara bersatu dalam cinta dan kehilangan ibu mereka. Dua pangeran Kerajaan Inggris itu terjebak dalam perselisihan keluarga.

Pangeran William dan Pangeran Harry meresmikan patung itu dalam sebuah upacara kecil di Sunken Garden, di Istana Kensington, rumah Putri Diana di London.

Mereka tidak berbicara di depan umum pada upacara itu, tetapi dalam sebuah pernyataan kedua pangeran itu mengatakan, "Setiap hari, kami berharap ibu masih bersama kami. Kami berharap, patung ini akan dilihat selamanya sebagai simbol kehidupan dan warisannya."

Patung perunggu itu menggambarkan Putri Diana dikelilingi oleh tiga anak, yang menurut Istana Kensington mewakili "universalitas dan dampak generasi" dari karyanya.

Putri Diana tersimpan di dalam hati rakyat Inggris setelah pernikahannya dengan Pangeran Charles pada 1981.

Pakar biografi Inggris, Penny Junor mengatakan: “Ia adalah gadis muda cantik yang menikah dengan pangerannya dan Diana perempuan yang luar biasa. Ia menderita batin dalam arti yang tidak pernah dialami anggota keluarga kerajaan sebelumnya. Kami tidak melihatnya. Ia menyentuh hati orang-orang. Diana melakukan pekerjaan kerajaannya dengan cara yang sangat berbeda.”

Cinta dan kasih sayang tanpa syarat yang ia limpahkan untuk putra-putranya melanggar tradisi kerajaan, tetapi menyentuh hati jutaan orang di seluruh dunia. Ia menggabungkan keibuan dengan kemewahan, tugas kerajaan dengan pekerjaan amal. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG