Tautan-tautan Akses

WFP Ingatkan Habisnya Anggaran di Tengah Pandemi


Warga desa mengambil bantuan makanan yang didistribusikan oleh World Food Program menyusul kekeringan di distrik Mudzi, Zimbawe, 20 Februari 2020. (Foto: Reuters)

Badan PBB Urusan Pangan Dunia (World Food Program/WFP) mengatakan pihaknya sangat membutuhkan anggaran untuk mencegah penghentian sistem transportasi global yang telah mengirim berton-ton masker, sarung tangan dan peralatan penting lainnya untuk mengatasi pandemi virus corona di 132 negara.

Direktur Operasi WFP Amer Daoudi, Kamis (18/6), mengatakan badan itu juga harus mendaratkan pesawat yang telah mengangkut 2.600 pekerja kemanusiaan dan kesehatan secara gratis ke 40 tujuan di seluruh Afrika, Asia dan Timur Tengah sejak awal merebaknya pandemi itu.

“Virus corona tidak melambat. Kami bahkan melihat peningkatan pesat kasus ini di Amerika Latin dan Afrika, sementara kehancuran jalur transportasi komersil dan jalur pasokan terus berlanjut di seluruh dunia. Dibandingkan sebelumnya kini seluruh komunitas kesehatan dan kemanusiaan sangat tergantung pada layanan logistik WFP. Layanan WFP terus meluas, tuntutan terus bertambah, sementara anggarannya tidak,” ujar Doudi.

Doudi menambahkan bahwa WFP meminta 965 juta dolar untuk melanjutkan layanan transportasi hingga akhir 2020 ini, tetapi sejauh ini baru menerima USD 132 juta dolar. [em/pp]

XS
SM
MD
LG