Tautan-tautan Akses

AS

Weinstein Klaim Tak Bersalah dalam Kasus Perkosaan dan Serangan Seksual


Harvey Weinstein, sutradara film dan terpidana kasus pemerkosaan, mengenakan masker saat persidangan di Los Angeles, Rabu, 21 Juli 2021.

Di ruang sidang pengadilan di Los Angeles, Rabu (21/7), Harvey Weinstein mengaku tidak bersalah atas empat tuduhan pemerkosaan dan tujuh tuduhan penyerangan seksual lainnya.

Associated Press melaporkan Wakil Sheriff Los Angeles membawa narapidana pemerkosa berusia 69 tahun itu ke pengadilan dengan menggunakan kursi roda. Ia mengenakan pakaian penjara berwarna cokelat dan masker penutup wajah.

Pengacara Mark Werksman menyampaikan pembelaan bagi mantan sutradara film terkenal itu, yang dipermalukan setelah diekstradisi dari New York ke California, di mana ia menjalani hukuman penjara selama 23 tahun.

Kini Weinstein menunggu persidangan kedua di kota itu dan kemungkinan akan menghadapi hukuman penjara yang panjang.

Tuduhan terhadap Weinstein mencakup lima perempuan dengan rentang waktu antara 2004-2013. Sebagian besar mengatakan pemerkosaan dan serangan seksual itu terjadi di hotel-hotel di Beverly Hills dan Los Angeles, di mana Weinstein menjadikan lokasi-lokasi itu sebagai markas bagi bisnis Hollywoodnya. Weinstein sendiri berkantor di New York.

Sebagian insiden terjadi selama pekan penyelenggaraan anugerah Oscar ketika film-filmnya menjadi pesaing abadi terhadap gerakan #MeToo yang menjatuhkannya.

Weinstein mengaku tidak bersalah atas empat tuduhan pemerkosaan, empat tuduhan persetubuhan oral secara paksa, dua tuduhan menyentuh bagian intim secara paksa dan satu tuduhan penetrasi seksual dengan paksa. Jika terbukti bersalah dalam tuduhan-tuduhan ini ia dapat dijatuhi hukuman 140 tahun.

Perempuan-perempuan yang disebut dalam dokumen pengadilan itu tidak disebut namanya.

Juri di New York menyatakan Weinstein bersalah memperkosa seorang calon aktris pada di sebuah kamar hotel di Manhattan pada 2013, dan melakukan seks oral secara paksa terhadap seorang asisten produksi film dan TV di apartemennya di Manhattan pada 2006.

Weinstein mengajukan banding atas vonis itu, mengupayakan sidang pengadilan baru. Ia bersikeras mengaku tidak bersalah dan menilai setiap aktivitas seksual adalah tindakan suka sama suka.

Jaksa di Los Angeles untuk pertama kali mendakwa Weinstein pada 2020, tepat saat pemilihan juri sedang berlangsung dalam kasus di New York.

Lebih banyak lagi tuduhan telah ditambahkan pada akhir 2020, dan pada Maret lalu ia didakwa oleh dewan juri Los Angeles County.

Pandemi dan penundaan prosedur membuat ekstradisi Weinstein memakan waktu lebih dari satu tahun. Tim kuasa hukumnya menyebut penurunan kesehatan kliennya sebagai alasan meminta agar Weinstein dapat ditahan di penjara negara bagian dekat Buffalo, New York, hingga pemilihan juri dimulai dalam persidangan di Los Angeles.

Beberapa pejabat mengatakan waktu selama Weinstein ditahan di California akan diperhitungkan dalam hukumannya di New York. [em/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG