Tautan-tautan Akses

Wartawan AS Serukan Untuk Berani Menentang China


Bendera nasional China terlihat di luar rumah sakit pengobatan tradisional di Beijing, China, 3 Maret 2020. (Foto: AP)

Seorang wartawan Amerika yang meliput China selama 20 tahun, baru-baru ini menyerukan agar lebih banyak orang berani menentang China guna menghadapi kebangkitan Beijing sebagai kekuatan dunia. Di Kanada, sebagian orang yang pernah menjadi teman China juga berubah pikiran.

Wartawan Amerika Michael Schuman yang menggambarkan bagaimana dirinya berubah dari terpikat dengan segala hal tentang China, menjadi berpandangan yang jauh lebih dingin.

"Seperti banyak dari kita yang menulis tentang China, saya terpesona oleh negara itu ketika pertama kali menginjakkan kaki di sana tahun 1996," tulisnya.

Namun, "semakin banyak waktu berlalu, semakin gelap suasana hati saya," lanjutnya. Ia menjelaskan, "sebagian dari perubahan itu mungkin terkait dengan kehidupan saya di mana individu tidak mempunyai jalan lain untuk melawan negara."

Schuman menambahkan, perkembangan dalam tiga tahun terakhir membuatnya "benar-benar berang." Yang paling mengkhawatirkan, katanya, Presiden China Xi Jinping "berupaya mengubah cara kita berpikir tentang pemerintahan yang baik dan nilai-nilai demokrasi" dan semakin "menjunjung tinggi sistem otokratis China sebagai hal yang sah, dan bahkan lebih unggul daripada gaya demokratis pemerintah negara-negara Barat."

Schuman menyimpulkan tulisannya dengan mengatakan, "Satu-satunya cara untuk bersaing dengan China saat ini adalah dengan membuat lebih banyak orang berani melawan China. Itu solusi buruk, tetapi alternatifnya lebih buruk lagi." [ps/lt]

Lihat komentar (5)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG