Tautan-tautan Akses

Pejabat Tinggi AS dan China akan Bertemu Minggu Depan di Alaska 


Seorang perempuan mengenakan masker duduk dekat layar yang menampilkan bendera China dan AS di Lanting Forum mengenai hubungan AS-China, di Beijing, 22 Februari 2021.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih (NSA) Jake Sullivan akan bertemu dengan pejabat-pejabat setingkat dari China di Alaska minggu depan.

Pertemuan itu akan menjadi pertemuan pertama antara para pejabat senior Amerika dan China sejak Presiden Joe Biden menjabat pada 20 Januari.

Departemen Luar Negeri Amerika, Rabu (10/3), mengatakan Blinken dan Sullivan “akan bertemu pada 18 Maret di Anchorage, Alaska, dengan Direktur Kantor Komisi Pusat Urusan Luar Negeri Yang Jiechi dan Anggota Dewan Negara Wang Yi. Pertemuan tersebut akan berlangsung setelah pertemuan Menteri Blinken dengan dua sekutu regional terdekat kami di Tokyo dan Seoul. Menlu Antony Blinken dan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan akan membahas berbagai masalah dengan RRC.”

Di antara banyak isu yang menurut Blinken akan didiskusikan dengan pejabat China minggu depan adalah perlakuan Partai Komunis China terhadap minoritas Muslim Uighur, yang oleh AS disebut sebagai genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Para pejabat China menolak klaim bahwa mereka terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang.

Hubungan antara dua ekonomi terkemuka dunia itu berada pada titik terburuknya dalam beberapa dekade karena bentrok dalam perang dagang, masalah teknologi 5G, hak asasi manusia, dan keamanan regional.

Gedung Putih mengatakan pada Rabu (10/3) bahwa penting untuk mengadakan pertemuan AS-RRC pertama di bawah pemerintahan Biden “di tanah Amerika.” [lt/ps]

XS
SM
MD
LG