Tautan-tautan Akses

Selangkah Lagi, Warriors Siap Klaim Tim Terbaik sepanjang Sejarah NBA

  • Associated Press

Kevin Durant dan Stephen Curry, dua bintang Warriors merayakan setelah mencetak skor melawan Cavaliers dalam final NBA (foto: dok).

Tim Golden State Warriors tinggal perlu satu kemenangan lagi untuk merebut gelar juara NBA tahun ini. Namun, bukan hanya gelar juara NBA, Warriors juga bisa mengklaim sebagai tim terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah NBA.

Kevin Durant, Stephen Curry dan seluruh pemain Warriors akan bisa mengklaim julukan "tim NBA terbaik yang pernah ada" itu jika mereka memenangkan pertandingan final melawan Cleveland Cavaliers hari Jumat (9/6) untuk melengkapi prestasi tim NBA yang paling mengesankan dalam playoffs, karena hingga saat ini telah mencatat rekor sempurna 15-0 tanpa pernah kalah.

Hari Rabu malam (7/6), Warriors berhasil meraih kemenangan pada final NBA game ke-3 dengan skor 118-113 atas Cleveland Cavaliers. Warriors akan mencatat rekor sempurna dalam playoffs menjadi 16-0 bila berhasil meraih kemenangan pada Game 4 Jumat malam ini.

Sebelumnya dalam NBA musim lalu, Warriors juga berhasil mencatat rekor dengan 73 kali menang dan hanya 9 kali kalah, namun musim lalu mereka harus kalah dari Cavaliers di pertandingan final.

Tahun ini, Cavaliers tampaknya tidak akan mampu menandingi Warriors, bahkan meskipun diperkuat pemain NBA terbaik saat ini, LeBron James. Perbandingan yang pantas untuk personel tim Golden State Warriors tahun ini adalah setara dengan tim NBA Lakers yang diperkuat Shaquille O'Neal dan Kobe Bryant, atau tim Chicago Bulls dengan Michael Jordan dan Scottie Pippen pada masa lalu.

Beberapa mantan bintang NBA mungkin masih memperdebatkan kehebatan tim Warriors mereka, tapi bahkan LeBron James mengakui bahwa Warriors adalah tim terhebat yang pernah dihadapinya.

"Saya bermain melawan beberapa tim hebat, tapi saya rasa tidak ada tim lainnya yang memiliki berbagai "senjata" untuk melakukan serangan seperti ini. Jadi, bahkan saat tim Anda bermain bagus, Anda harus bermain dengan kemampuan A plus plus, karena mereka akan terus menyerang dan mereka akan melakukan tembakan dan menemukan pemain yang bermain sempurna (untuk mengalahkan Anda)."

Jadwal rekor playoffs terbaik sepanjang sejarah NBA adalah skor 15-1 yang diraih Lakers pada tahun 2001, sementara Philadelphia 76ers tahun 1983 mencatat rekor playoffs 12-1. Tim Bulls yang dipimpin Jordan pada tahun 1991 mencatat rekor playoffs dengan 15-2.

Warriors dipenuhi dengan para pemain yang mampu melakukan tembakan jarak jauh (3 pointer), yaitu Kevin Durant, Stpehen Curry dan Klay Thompson, dan pemain spesialis pertahanan seperti Draymond Green dan Andre Iguodala.

Durant (28 tahun) dan Curry (29 tahun) belum akan berusia 30 sampai tahun depan, sementara Thompson dan Green baru berusia 27 tahun. Jika bintang Warriors tetap bebas dari cedera dan terus bermain bersama, maka bisa dipastikan mereka akan menjadi ancaman utama untuk bisa meraih gelar NBA setiap tahun.

"Mereka memiliki pemain-pemain hebat yang masih muda. Saya melihat tidak ada tim lain yang mampu mencegah mereka untuk lolos 8-10 final NBA ke depan. Akan merupakan suatu kejutan besar, jika mereka (Warriors) tidak melaju ke final NBA setiap tahun," kata analis dan mantan pelatih NBA, Jeff van Gundy. [pp]

XS
SM
MD
LG