Tautan-tautan Akses

Warga Kurdi Suriah Khawatir Penambahan Pasukan Turki Dekat perbatasan   


Truk-truk militer Turki membawa tank-tank dan personel menuju perbatasan dengan Suriah, 14 Januari 2019.

Sejak berminggu-minggu, Turki telah menambah pasukannya dekat perbatasan dengan Suriah untuk melakukan apa yang diperkirakan serangan segera atas pasukan Kurdi yang didukung Amerika, yang dianggap Turki sebagai teroris.

Penduduk di Kota Amude di perbatasan Suriah bagian utara mengatakan, serangan seperti itu bisa mengakibatkan ketidak-stabilan yang lebih tinggi di kawasan yang sudah rawan itu.

Walaupun keadaannya kini tampak tenang, penduduk Kota Amude mengatakan mereka hidup dalam ketakutan karena tentara Turki belakangan ini telah memperkuat ancamannya untuk melancarkan serangan atas kawasan kantong Kurdi yang dikuasai oleh Pasukan Demokratik Suriah atau SDF.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan minggu lalu bahwa negaranya bertekad memusnahkan apa yang disebutnya sebagai “koridor teror” di Suriah utara.

Turki menganggap SDF dan sayap politiknya, PYD sebagai bagian dari Partai Pekerja Kurdistan atau PKK yang berpusat di Turki, yang dianggap oleh Amerika dan Uni Eropa sebagai organisasi teroris.

Pejuang Kurdi yang berafiliasi dengan SDF telah memainkan peran besar dalam usaha pimpinan Amerika untuk melawan militan ISIS di Suriah. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG