Tautan-tautan Akses

Warga AS Bekas Kombatan ISIS di Suriah Hadapi Tuntutan di AS


Para kombatan kelompok teror ISIS berpawai di Raqqa, Suriah utara, 20 Juni 2014.

Seorang warga Amerika yang diduga menjadi anggota kelompok teror ISIS di Suriah, kembali ke Amerika, di mana ia akan didakwa dan diadili karena kejahatan terkait terorisme.

Pejabat pertahanan AS membenarkan pemindahan tersangka itu pada Kamis (18/7), dan mengatakan, pasukan AS membantunya kembali ke tanah air untuk menghadapi tuntutan.

Menurut pernyataan Pentagon, tersangka "sebelumnya ditahan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) sebagai seorang yang yang dicurigai anggota ISIS," tetapi menyerahkan penyelidikan kepada Departemen Kehakiman AS.

Pejabat Departemen Kehakiman mengatakan bahwa mereka mengetahui pemulangan warga AS itu, yang pertama kali dilaporkan oleh CNN, tetapi menolak memberi komentar.

Sejak runtuhnya kekhalifahan ISIS di Suriah Maret lalu, Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS telah menahan sekitar 2.000 pejuang asing dari banyak negara. Selain itu, SDF telah memroses puluhan ribu warga sipil yang terkait ISIS, termasuk para istri dan anak-anak kombatan asing tersebut.

Tidak ada angka resmi berapa banyak tahanan ISIS yang merupakan warga negara atau penduduk AS. Namun dalam komentarnya kepada VOA Juni lalu, para pejabat Kurdi Suriah mengindikasikan ada lebih banyak orang Amerika yang ditahan. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG