Tautan-tautan Akses

Trump Batalkan Kunjungan ke Makam Perang Dunia I AS di Perancis


Presiden Donald Trump disambut Presiden Perancis Emmanuel Macron di Istana Elysee Palace di Paris, 10 November 2018.

Presiden AS Donald Trump membatalkan sebuah kunjungan ke taman pemakaman AS di luar Paris, Sabtu (10/11), yang bertujuan untuk memperingati 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I.

Pernyataan Gedung Putih mengatakan kunjungan presiden itu dibatalkan karena kendala penjadwalan dan logistik yang disebabkan oleh cuaca.

Akhirnya delegasi AS dipimpin Kepala Staf Jenderal John Kelly dan Pemimpin Kepala Staf Gabungan Joe Dunford. Mereka mengunjungi Taman Pemakaman dan Memorial Amerika Aisne-Marne di bawah awan kelabu dan hujan gerimis, memberikan penghormatan kepada hampir 2.300 korban perang yang dikubur di sana.

Daerah itu merupakan tempat Pertempuran Belleau Wood pada Juni 1918. Selain menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi 2.288 tentara AS, di tempat itu juga terdapat sebuah memorial untuk mengenang 1.060 tentara yang hilang.

Juga Sabtu, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel bergandengan tangan dalam sebuah upacara di lokasi Hutan Compiegne Forest, sebelah utara Paris, dimana para sekutu dan Jerman yang kalah menandatangani perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia I. [vm]

XS
SM
MD
LG