Tautan-tautan Akses

AS

Warga AS di 14 Negara Bagian Antusias Berikan Suara di Super Tuesday


Para pemilih AS di negara bagian Virginia memberikan suara pada "Super Tuesday" di Falls Church, Virginia, Selasa (3 Maret 2020).

Warga Amerika di 14 negara bagian hari Selasa (3/3) memberikan suara untuk memilih kandidat presiden Partai Demokrat yang selanjutnya akan dinominasikan sebagai calon presiden Partai. Sejak jam 6 pagi warga sudah berduyun-duyun datang ke TPS.

Matahari belum lagi terbit ketika panitia penyelenggara pemilihan pendahuluan mulai datang ke sejumlah lokasi di Fairfax County dan Prince William County di pinggiran negara bagian Virginia, Selasa pagi (3/3), yang ditetapkan sebagai tempat pemungutan suara dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Ada 14 negara bagian di seluruh Amerika yang menyelenggarakan pemilihan pendahuluan serentak hari Selasa ini, antara lain : Alabama, Arkansas, California, Colorado, Maine, Massachusetts, Minnesota, North Carolina, Tennessee, Texas, Utah, Virginia dan Vermont – juga wilayah Samoa dan bagi warga yang tinggal di luar Amerika.

David Andersen, kepala TPS di salah satu sekolah di Centreville, Fairfax County, Virginia, mengatakan tiga jam setelah TPS dibuka, lebih dari 200 orang sudah memberikan suara.

“Sudah lebih dari 200 orang datang memberikan suara, sejauh ini semua berjalan baik. Mereka yang datang tampaknya sudah mengetahui apa yang harus dilakukan, mereka langsung menunjukkan kartu identitas dan surat pemilih terdaftar, dan kami langsung mengarahkan mereka ke kotak pemungutan suara. Cukup sederhana,” ujar David.

Pemilih AS antusias untuk memberikan suara di Alhambra, California, Selasa (3/3).
Pemilih AS antusias untuk memberikan suara di Alhambra, California, Selasa (3/3).

Hal senada disampaikan Jerry Chidakel, kepala TPS di salah satu sekolah di daerah yang sama, yang dalam tiga jam bahkan sudah didatangi oleh lebih dari 450 warga untuk memberikan suara.

“Kami semua sudah datang sejak jam 5 pagi untuk memastikan mesin untuk memerika identitas calon pemilih, mesin untuk memberikan suara dan mesin khusus lainnya untuk warga difabel memberikan suara, serta semua dokumen kelengkapan ada. Warga mulai datang sejak jam 6 pagi dan sejauh ini semua berjalan lancar,’’ ungkapnya.

Bagaimana Jika Ada Masalah di TPS?

Lalu bagaimana jika ada masalah, misalnya jika ada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih karena baru pindah atau masalah teknis lain, tapi ingin memberikan suara?

Menurut David Andersen, setiap kepala TPS telah dibekali dengan pedoman untuk menghadapi isu-isu seperti ini.

“Jika ada yang punya masalah dengan kelayakan untuk boleh atau tidak memberikan suara, salah seorang dari sembilan petugas akan memanggil saya. Saya sudah menerima sejumlah petunjuk bagaimana mengatasinya, dan jika saya tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut maka ada nomor telfon dan pejabat yang dapat saya kontak untuk mendapatkan alternatif solusi yang dapat segera diambil,” tukasnya.

Warga menunggu Senator Elizabeth Warren yang baru saja tiba untuk memberikan suara di Cambridge, Massachusetts, Selasa (3/3).
Warga menunggu Senator Elizabeth Warren yang baru saja tiba untuk memberikan suara di Cambridge, Massachusetts, Selasa (3/3).

Super Tuesday, Ujian Politik Utama Bagi Kandidat Calon Presiden

Super Tuesday adalah ujian politik utama bagi kandidat calon presiden yang ingin dinominasikan sebagai calon presiden partai. Mengingat ada 14 negara bagian yang melangsungkan pemilihan pendahuluan secara bersamaan, maka hasil Super Tuesday dapat mendorong kandidat calon presiden untuk memperkuat kedudukan mereka atau sebaliknya, menjungkalkan mereka dari pencalonan.

Penghitungan suara di berbagai negara bagian itu nantinya akan digunakan untuk menentukan delegasi bagi setiap kandidat calon presiden. Total ada 1.357 delegasi yang dipertaruhkan, atau berarti 34% dari jumlah total delegasi yang dialokasikan selama pemilihan pendahuluan dan kaukus. Untuk memenangkan nominasi calon presiden Partai Demokrat, seorang kandidat harus meraih 1.991 delegasi dari 3.979 delegasi dalam konvensi nanti.

Delegasi-delegasi Partai Demokrat ini kemudian akan menentukan calon presiden partai dalam konvensi di Milwaukee, Wisconsin, Juli mendatang.

Joe Biden & Bernie Sanders, Dua Tokoh Paling Unggul

Mantan Wakil Presiden Joe Biden yang mencuri momentum setelah memenangkan pemilihan pendahuluan di South Carolina akhir pekan lalu, dinilai berpeluang meraih suara terbanyak dalam Super Tuesday. Tetapi Senator Vermont Bernie Sanders, yang juga meraih dukungan besar dari Iowa, New Hampshire dan Nevada, diperkirakan juga akan unggul.

Senator Bernie Sanders (kiri) dan mantan Wapres AS Joe Biden berbicara di sela debat pada 25 Februari 2020 lalu (foto: dok).
Senator Bernie Sanders (kiri) dan mantan Wapres AS Joe Biden berbicara di sela debat pada 25 Februari 2020 lalu (foto: dok).

Belajar dari Super Tuesday sebelumnya, kandidat calon presiden yang memenangkan suara terbanyak terbukti dicalonkan sebagai calon presiden oleh partai yang bersangkutan. Kandidat calon presiden

Partai Demokrat Bill Clinton yang memenangkan Super Tuesday tahun 1992, terbukti dinominasikan sebagai calon presiden Partai Demokrat. Demikian pula kandidat calon presiden Partai Republik Bob Dole yang mendorongnya meraih nominasi sebagai calon presiden partai itu setelah memenangkan Super Tuesday tahun 1996.

Hal senada tampak dalam Super Tuesday tahun 2000 yang membuat Partai Demokrat mencalonkan Al Gore dan Partai Republik mencalonkan George Walker Bush, juga Donald Trump yang dicalonkan resmi sebagai calon presiden Partai Republik setelah memenangkan Super Tuesday tahun 2016. [em/jm]

XS
SM
MD
LG