Tautan-tautan Akses

AS

Biden Menang dalam Pemilihan Pendahuluan di South Carolina


Mantan wakil presiden AS yang juga calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, berbicara di sebuah acara kampanye di Sumter, S.C., Jumat, 28 Februari 2020. (Foto: AP/Gerald Herbert)

Mantan Wakil Presiden AS Joe Biden menang besar dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di negara bagian South Carolina, memberinya kemenangan yang sangat dibutuhkan untuk mendongkrak kampanyenya.|

Exit poll, yang dilakukan sebelum voting ditutup Sabtu (29/2), memperlihatkan bahwa hampir delapan dari 10 pemilih di South Carolina memiliki pandangan positif terhadap Biden.

Jajak pendapat oleh Edison Research itu juga mendapati sekitar enam dari 10 pemilih mengatakan dukungan anggota Kongres James Clyburn dari South Carolina mempengaruhi keputusan mereka. Biden mendapat dorongan yang sangat dibutuhkan Rabu (26/2) ketika Clyburn mengumumkan dukungannya.

Exit poll itu memperlihatkan Biden mendapat dukungan kuat dari para pemilih kulit hitam serta pemilih berusia 45 tahun ke atas.

Miliarder sekaligus aktivis Tom Steyer, yang mengeluarkan jutaan dolar untuk kampanye, mengakhiri pencalonannya setelah keluar sebagai pemenang ketiga. Steyer mengumumkan Sabtu malam (29/2) di Columbia bahwa dia mundur dari kontes Gedung Putih.

Setelah menghabiskan hampir AS$24 juta untuk iklan televisi di negara bagian itu, dia berada di belakang Biden dan Senator Vermont Bernie Sanders. Itu adalah hasil terbaik Steyer selama ini, tapi tidak cukup untuk mempertahankan dirinya dalam kontes pencarian nominasi partai Demokrat untuk bersaing dengan Presiden Donald Trump dalam pemilihan presiden pada bulan November.

Pemilih South Carolina memilih satu dari sejumlah kandidat. Tokoh lain yang juga memperebutkan nominasi adalah mantan walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg, Anggota Kongres Tulsi Gabbard serta Senator Amy Klobuchar dan Senator Elizabeth Warren.

Mantan Walikota New York Mike Bloomberg memilih absen dari pemilihan di South Carolina. Sebelumnya dia juga absen dari tiga negara bagian pertama. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG