Tautan-tautan Akses

AS

Pemilihan Pendahuluan ‘Super Tuesday’, Ujian Bagi Sanders


Senator Bernie Sanders masih memimpin dalam perolehan delegasi, dalam pemilihan pendahuluan untuk memperebutkan Capres Partai Demokrat.

Jika data dari jajak pendapat benar, Senator Bernie Sanders dapat mencetak kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan hari Selasa (3/3) ini – yang dikenal sebagai Super Tuesday – di banyak dari 14 negara bagian, termasuk California dan Texas, dua negara bagian Amerika yang berpenduduk terpadat dan mendapat jatah banyak anggota delegasi.

Calon terdepan yang mengaku berpaham sosialis demokratik, Sanders, dalam berbagai jajak pendapat diramalkan akan memperoleh hasil yang baik di semua medan Super Tuesday, termasuk di negara bagian asal dua pesaingnya. Rata-rata survei opini publik baru-baru ini memberi Sanders keunggulan atas Senator Elizabeth Warren di Massachusetts dan menunjukkan dia hampir imbang dengan Senator Amy Klobuchar di Minnesota.

Tetapi hasil pemilihan pendahuluan hari Sabtu di South Carolina mengisyaratkan kemungkinan adanya jalan yang tidak mulus bagi Sanders di negara-negara bagian selatan secara keseluruhan.

Mantan Wakil Presiden Joe Biden meraih kemenangan di South Carolina.
Mantan Wakil Presiden Joe Biden meraih kemenangan di South Carolina.

Negara bagian itu memberikan kemenangan yang sangat dibutuhkan mantan Wakil Presiden Joe Biden, seorang moderat yang menjadi wakil presiden untuk Barack Obama, presiden kulit hitam pertama di Amerika. Warga Amerika keturunan Afrika adalah blok terbesar pemilih Demokrat di negara bagian ini dan merupakan konstituen utama di seluruh wilayah selatan Amerika.

Dengan 415 anggota delegasi siap diperebutkan di California, dan 228 lainnya diperebutkan di Texas, 52 anggota delegasi dari Alabama mungkin tampak tidak terlalu penting. Namun,jika dilihat secara gabungan berikut delegasi dari Arkansas (31), North Carolina (110) dan Tennessee (64), maka 257 anggota delegasi itu dapat membuat perbedaan antara meratakan jalan Sanders ke nominasi, dan sayap moderat dari Partai Demokrat akhirnya akan bergabung dengan penantang tunggal seperti Joe Biden.

Sementara itu, persaingan untuk memperoleh pencalonan presiden dari Partai Demokrat meluas secara signifikan hari Selasa sementara pemilih di 14 negara bagian memberikan suara mereka untuk mendukung kandidat yang mereka inginkan untuk melawan Presiden Donald Trump dalam pemilihan nasional November mendatang.

Sepertiga dari jumlah anggota delegasi yang diperebutkan dalam pemungutan suara negara bagian akan dipertaruhkan hari Selasa, termasuk jumlah terbesar yang dipertaruhkan di negara bagian California.

Setelah pemungutan suara di negara bagian Iowa, New Hampshire, Nevada dan South Carolina yang diadakan sendiri-sendiri, pemungutan suara pada hari yang disebut Super Tuesday ini membawa pengaruh secara nasional ke proses pencalonan, karena para pemilih di negara-negara bagian di wilayah barat, selatan, timur laut dan tengah Amerika semuanya mengambil bagian pada hari yang sama, bersama para pemilih di wilayah protektorat Amerika, Samoa Amerika.

Senator dari Vermont Bernie Sanders sejauh ini memimpin dalam perolehan dengan 58 anggota delegasi. Dia bisa mendapat dorongan besar dari pemilih di California dan Texas di mana jajak pendapat menunjukkan dia memimpin di depan semua kandidat lainnya.

Hadiah terbesar ketiga hari Selasa adalah negara bagian North Carolina, di mana jajak pendapat menunjukkan Sanders berada dalam persaingan ketat dengan mantan Wakil Presiden Joe Biden.

Biden baru saja menang pada hari Sabtu di dalam pemilihan pendahuluan di negara tetangga South Carolina, dan sejauh ini telah mendapatkan 50 delegasi. [lt/ii]

XS
SM
MD
LG