Tautan-tautan Akses

Wapres AS Tinggalkan Arena Setelah Protes Lagu Kebangsaan


Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence dan Istri, Karen Pence, dan Mayor Jenderal Courtney P. Carr berdiri pada saat menyanyikan lagu kebangsaan di Lucas Oil Stadium, sebelum pertandingan antara Indiana Colts melawan Francisco 49ers dimulai. Gambar diambil sebelum Pence meninggalkan pertandingan, 8 Oktober 2017.

Wakil Presiden Amerika Mike Pence meninggalkan arena pertandingan football atau sepak bola Amerika yang berlangsung di Indiana, negara bagian asal Pence, setelah beberapa pemain berlutut saat lagu kebangsaan diputar.

Di Twitter, mantan Gubernur Indiana itu mengatakan, "Saya meninggalkan pertandingan Colts hari ini karena Presiden Trump dan saya tidak akan menghargai kegiatan apa saja yang tidak menghormati tentara, bendera, atau Lagu Kebangsaan kita.''

Dalam cuitannya di Twitter, Presiden Donald Trump mengatakan aksi Wapres Amerika itu bukan spontanitas. "Saya meminta Wapres Pence meninggalkan stadion jika ada pemain yang berlutut, tidak menghormati negara kita," kata Trump dalam cuitannya.

Sementara pemain Colts berdiri saling bergandeng lengan dalam pertandingan di kandang sendiri di Indianapolis, lebih dari 20 pemain San Francisco 49ers berlutut selama lagu itu berkumandang seperti telah mereka lakukan selama berminggu-minggu.

Pemain football profesional yang umumnya kulit hitam Amerika, dengan tegas menyatakan, mereka berlutut untuk memrotes ketidakadilan ras dan ketidak-setaraan sosial.

Aksi itu dimulai setelah kematian beberapa laki-laki kulit hitam yang tidak bersenjata dalam konfrontasi dengan polisi.[ka]

XS
SM
MD
LG