Tautan-tautan Akses

AS

Walmart Tarik Senjata Api dan Amunisi dari Rak Penjualan di AS


Sebuah toko Walmart terlihat di Landover, Maryland, 31 Desember 2014. (Foto: AFP)

Walmart menarik senjata api dan amunisi dari rak penjualan di toko-tokonya di AS pekan ini untuk melindungi pelanggan dan karyawan, sementara ketegangan di berbagai penjuru AS meningkat, sebut peritel terbesar di dunia itu, Kamis (29/10).

Langkah itu diambil beberapa hari sebelum pemilihan presiden AS pada 3 November mendatang, dengan banyaknya orang yang khawatir hasil pemilu itu dapat dipertentangkan atau memicu kekerasan.

“Kami telah melihat beberapa kerusuhan sipil terpisah dan sebagaimana yang telah kami lakukan dalam beberapa kesempatan dalam beberapa tahun ini, kami telah memindahkan senjata api dan amunisi dari rak penjualan sebagai tindakan pencegahan demi keselamatan karyawan dan pelanggan kami," kata seorang juru bicara Walmart. Walmart belum menetapkan kapan senjata dan amunisi akan kembali ditempatkan di rak-rak toko, lanjutnya.

Peritel berbasis di Bentonville, Arkansas, yang menjual senjata api di sekitar setengah dari 5.000 lebih tokonya di AS ini masih akan menjualnya berdasarkan pesanan.

Pengusaha ritel gelisah setelah para penjarah awal tahun ini memecahkan kaca-kaca toko, mencuri barang-barang dagangan, dan kadang-kadang membakar toko-toko di Chicago, New York, Los Angeles, Portland dan berbagai kota lainnya di AS.

Dalam kecenderungan lainnya yang juga menimbulkan kekhawatiran, penjualan senjata api di AS tahun ini telah mencapai rekor tertinggi, dan lebih banyak lagi jumlah pembeli senjata api untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan ini. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG