Tautan-tautan Akses

Volvo Bertransformasi Menjadi Mobil Listrik pada 2030


Logo Volvo pada roda mobil S90 T6 AWD 2019 yang dipamerkan di Pameran Mobil Internasional Pittsburgh 2019 di Pittsburgh, 14 Februari 2019. (Foto: AP)

Volvo mengatakan Selasa (2/3), seluruh mobil produksinya akan beralih ke tenaga listrik pada tahun 2030. Volvo akan bergabung dengan para produsen mobil lainnya yang berencana untuk menghentikan mesin berbahan bakar fosil pada akhir dekade ini.

“Saya sangat yakin tidak akan ada pelanggan yang benar-benar ingin tetap menggunakan mesin bensin,” Kepala Eksekutif Volvo Håkan Samuelsson mengatakan kepada wartawan ketika ditanya tentang permintaan kendaraan listrik di masa depan. “Kami yakin mobil listrik lebih menarik bagi pelanggan.”

Reuters melaporkan, produsen mobil Swedia itu mengatakan 50 persen dari penjualan globalnya harus sepenuhnya mobil listrik pada tahun 2025 dan setengah model hybrid lainnya.

Dimiliki oleh Zhejiang Geely Holding Group yang berbasis di Hangzhou, Volvo akan meluncurkan keluarga mobil listrik baru dalam beberapa tahun ke depan, yang semuanya hanya akan dijual secara online. Volvo akan meluncurkan model listrik keduanya, C40, pada hari Selasa (2/3).

Produsen mobil berlomba untuk beralih ke model tanpa emisi saat mereka menghadapi target emisi CO2 di Eropa dan China, ditambah larangan yang membayangi di beberapa negara untuk kendaraan berbahan bakar fosil.

Bulan lalu, Ford Motor Co mengatakan jajarannya di Eropa akan sepenuhnya bertenaga listrik pada 2030, sementara unit Tata Motors Jaguar Land Rover mengatakan merek Jaguar akan menjadi mobil listrik pada 2025.

Dan November lalu, pembuat mobil mewah Bentley, yang dimiliki oleh Volkswagen dari Jerman, mengatakan akan bertransformasi menjadi mobil listrik pada tahun 2030. [ah/au]

XS
SM
MD
LG