Tautan-tautan Akses

Virgin Galactic Sukses Uji Penerbangan Pesawat Antariksa Pariwisata


Pesawat antariksa untuk pariwisata Virgin Galactic meluncur naik lebih dari 50 mil di atas Gurun Mojave di California hari Kamis (13/12).

Penjelajahan wisata antariksa perusahaan Virgin Galactic milik Richard Branson untuk pertama kalinya mencapai antariksa selama uji terbang di California.

Pesawat antariksa untuk pariwisata Virgin Galactic meluncur naik lebih dari 50 mil di atas Gurun Mojave di California hari Kamis (13/12), untuk pertama kalinya mencapai apa yang dianggap perusahaan itu, batas antariksa.

Roket itu mencapai ketinggian 82 kilometer sebelum memulai pendaratannya, kata pejabat misi Enrico Palermo. Pesawat itu mendarat di landasan beberapa menit kemudian.

Pesawat antariksa untuk pariwisata Virgin Galactic lepas landas dari Gurun Mojave di California hari Kamis (13/12).
Pesawat antariksa untuk pariwisata Virgin Galactic lepas landas dari Gurun Mojave di California hari Kamis (13/12).

"Kita berhasil mencapai antariksa!" Kata Palermo.

Penerbangan Kamis membawa Virgin Atlantic selangkah lebih dekat untuk mengubah impian akan pariwisata antariksa komersial menjadi kenyataan. Perusahaan itu ingin membawa pelanggan yang membayar perjalanan itu dengan roket berpenumpang enam orang, seukuran jet eksekutif. Virgin Atlantic mengatakan Richard Branson ingin menjadi yang pertama dalam penerbangan komersial antariksa itu.

Branson menyambut para pilot setelah uji coba itu dan menyatakan 'Antariksa adalah wilayah Virgin!' '

Virgin Galactic menganggap 80 kilometer batas antariksa karena digunakan oleh Angkatan Udara AS dan lembaga AS lainnya. Anggapan itu berbeda dari pandangan lama bahwa batasnya adalah 100 kilometer.

CEO Virgin Atlantic, George Whitesides mencatat bahwa penelitian baru-baru ini lebih menyukai ketinggian yang lebih rendah. (my)

XS
SM
MD
LG