Tautan-tautan Akses

Pesawat "Insight" Diharapkan Beri Informasi Bagaimana Planet Mars Terbentuk


Sebuah model pesawat penjelajah AS "Insight" dengan ukuran yang seperti ukuran pesawat aslinya di laboratorium NASA di Pasadena, California, AS. (foto: ilustrasi)

Para pakar NASA bersorak gembira hari Senin (26/11) ketika mendapat kabar dari planet Mars bahwa sebuah pesawat penjelajahnya telah mendarat dengan aman di planet merah itu.

Pesawat itu disebut "Insight" yang berarti “laporan mendalam” yang diharapkan akan memberikan keterangan terbaru tentang apa yang terdapat di dalam planet itu.

Suara tepukan dan sorak sorai gembira menandai suksesnya pendaratan pesawat Insight yang telah melakukan penerbangan selama enam bulan dan menempuh jarak 482 juta kilometer untuk mencapai planet Mars itu.

Pesawat itu punya misi unik yang akan berlangsung selama dua tahun, untuk melihat apa yang terdapat di bawah permukaan Mars, planet terdekat dari bumi.

Para pakar juga berharap akan bisa mencatat apa yang disebut sebagai Marsquakes atau Gempa Mars dan sekaligus memetakan bagian dalam planet itu, dengan memasang sejumlah perangkat seismologi.

Foto kondisi permukaan planet Mars yang difoto oleh lengan robotik pesawat Insight.
Foto kondisi permukaan planet Mars yang difoto oleh lengan robotik pesawat Insight.

Menurut Tom Hoffman, proyek manajer Insight, pesawat Insight juga akan mengebor permukaan planet Mars sampai ke dalaman lima meter untuk mencatat suhu planet itu.

Ini adalah pertama kalinya badan Antariksa Amerika NASA mengadakan eksperimen langsung di planet Mars, dan berharap bisa mendapat informasi bagaimana Mars terbentuk milyaran tahun yang lalu.

Para pakar berharap, dengan membandingkan apa yang diketahui tentang bumi dengan keterangan yang didapat dari planet Mars itu, kita akan bisa memahami planet-planet lain dalam sistem matahari kita, dan juga tentang bintang atau matahari lain serta sistem tata surya yang terdapat di sekitarnya. (ii)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG