Tautan-tautan Akses

Vietnam Tuntut Mantan Anggota Politbiro Atas Tuduhan Korupsi


Anggota Komite Partai Ho Chi Minh City, Dinh La Thang dalam pertemuan dengan Menlu AS (saat itu( John Kerry, di Menara Bitexco, Ho Chi Minh City , Vietnam, 24 Mei 2016. (Foto: dok).

Langkah pertama Vietnam untuk menuntut mantan anggota politbiro memperluas penindakan negara itu terhadap korupsi untuk menyenangkan rakyat yang resah dan melindungi pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Polisi menangkap mantan anggota parlemen yang juga pejabat Partai Komunis Dinh La Thang sebelumnya bulan ini atas kejahatan yang dicurigai dilakukannya sebagai ketua dewan komisaris perusahaan minyak raksasa milik negara PetroVietnam, kata media berita Vietnam.

Pria yang dikeluarkan melalui pemungutan suara dari politbiro Partai Komunis yang berkuasa bulan Mei lalu masuk daftar para pejabat lainperusahaan-perusahaan negara yang menjadi sasaran pihak berwenang dalam tindakan anti-korupsi yang luas tahun 2017. Usaha tersebut bertujuan untuk meredakan kecaman umum mengenai korupsi dan untuk melindungi pertumbuhan ekonomi yang kira-kira enam persen pertahun sejak tahun 2012, kata para pakar.

“Sebagian, usaha anti-korupsi itu dimaksudkan untuk menanggulangi korupsi yang meraja-lela, yang menantang keabsahan Partai Komunis yang berkuasa di kalangan masyarakat,” kata Murray Hiebert, wakil direktur Program Asia Tenggara di Pusat Pengkajian Strategi dan Internasional di Washington.

“Korupsi telah mengakibatkan kerugian besar-besaran di perusahaan migas milik negara dan beberapa bank, yang menimbulkan keresahan di kalangan rakyat biasa,” kata Hiebert menambahkan. [gp]

XS
SM
MD
LG